News
Sabtu, 6 Januari 2018 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 6 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anjezë Gonxhe Bojaxhiu atau Suster Teresa, 1929. (Catholicireland.net)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 6 Januari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 6 Januari. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Januari, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

Lukisan karya John Singleton Copley yang menggambarkan pertempuran antara Inggris dan Prancis di Saint Helier, Jersey, 1781. (Wikimedia.org)

1781
Pasukan Prancis menyerbu pasukan Inggris di wilayah Saint Helier, Jersey, dekat Prancis demi merebut wilayah tersebut. Namun demikian, Inggris berhasil memukul mundur pasukan Prancis. Hingga kini, wilayah Jersey masih menjadi kekuasaan Inggris.

Advertisement

1781
Pasukan Prancis menyerbu pasukan Inggris di wilayah Saint Helier, Jersey, dekat Prancis demi merebut wilayah tersebut. Namun demikian, Inggris berhasil memukul mundur pasukan Prancis. Hingga kini, wilayah Jersey masih menjadi kekuasaan Inggris.

1809
Pasukan Inggris bersama pasukan Brasil dan pasukan Portugal mulai menginvasi wilayah Cayenne, Guyana Prancis. Setelah berjuang selama sembilan hari, pasukan Inggris, Brasil, dan Portugal berhasil merebut wilayah tersebut dari Prancis. Portugal kemudian menguasai wilayah Guyana Prancis sampai 1817 sebelum akhirnya kembali direbut Prancis.

1900
Pasukan Boer menyerang pasukan Inggris yang mengepung wilayah Ladysmith, Natal, Afrika Selatan. Sayangnya, pasukan Inggris berhasil memukul mundur pasukan Boer. Pengepungan itu kemudian berlanjut hingga 28 Februari 1900 dan berakhir dengan jatuhnya wilayah Ladysmith ke tangan Inggris.

Advertisement

1919
Presiden ke-26 Amerika Serikat (AS) Theodore Roosevelt meninggal dunia pada usia 60 tahun di Oyster Bay, New York, AS. Setelah meninggal, namanya digunakan untuk menamai salah satu kapal induk milik AS, USS Roosevelt. Theodore Roosevelt merupakan orang termuda yang pernah menjabat sebagai presiden AS. Roosevelt yang sebelumnya adalah wakil presiden secara resmi memangku jabatan sebagai presiden AS pada usia 42 tahun menggantikan Presiden William McKinley yang tewas terbunuh.

1929
Anjezë Gonxhe Bojaxhiu, 19, tiba di Kalkuta, India untuk memulai misinya menolong orang miskin serta orang sakit di India. Perempuan yang belakangan dikenal sebagai Mother Teresa atau Bunda Teresa itu kemudian semakin aktif di bidang tersebut dan terkenal sebagai biarawati yang kerap mengadakan kegiatan kemanusiaan dan advokasi bagi orang miskin. Kini oleh Gereja Katolik, ia telah ditahbiskan sebagai Santa Teresa dari Kalkuta.

1947
Maskapai penerbangan Pan American Airlines mulai menjual tiket penerbangan untuk mengelilingi dunia. Hal itu menjadikan Pan American Airlines sebagai maskapai penerbangan pertama yang mengadakan perjalanan keliling dunia secara komersil.

Advertisement

1951
Pasukan Korea Selatan (Korsel) mulai membantai pasukan komunis dan simpatisan Korea Utara (Korut) di Ganghwa, Incheon, Korsel. Diperkirakan sekitar 212 sampai 1.300 orang tewas dalam pembantaian tersebut. Kini, peristiwa itu dikenang sebagai Pembantaian Ganghwa.

1950
Inggris secara resmi mengakui Repubik Rakyat Tiongkok sebagai negara berdaulat. Hal itu memicu protes dari Taiwan yang memang berseteru dengan Republik Rakyat Tiongkok. Pada akhirnya, Taiwan memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Inggris.

Irfan Fahri Lazuardy alias Ipang. (Rollingstones.co.id)

Advertisement

Andrew Thomas Carroll kala masih berseragam Liverpool. (Youtube.com)

1972
Irfan Fahri Lazuardy lahir di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Kini, namanya dikenal luas sebagai vokalis salah satu grup musik rok ternama di Indonesia, BIP. Ipang bergabung dengan BIP pada 2004 setelah Irang—vokalis BIP—mengundurkan diri. Bersama BIP, Ipang telah menorehkan dua album. Selain itu, Ipang juga dikenal sebagai penyanyi yang kerap tampil solo.

1989
Andrew Thomas Carroll lahir di Gateshead, Inggris. Ia kemudian dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2011 sampai 2013. Setelah hengkang dari Liverpool, Carroll bergabung ke West Ham United hingga kini. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Januari

Advertisement
Kata Kunci : Catatan Peristiwa Catatan Sejarah Dunia Hari Ini Sejarah Dunia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif