Foto
Sabtu, 6 Januari 2018 - 02:50 WIB

FOTO ALUTSISTA TNI : Kerennya Heli Apache Baru Penerbad

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Danpuspenerbad Mayjen TNI Besar Harto Karyawan berada di dalam helikopter AH-64 Apache, di Markas Skadron 11/Serbu Penerbad Semarang, Jateng, Kamis (4/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Alutsista TNI baru Penerbad adalah tiga heli Apache.

Semarangpos.com, SEMARANG — Delapan helikopter AH-64 Apache bakal memperkuat alat utama persenjataan (alutsista) Korps Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad). Tiga dari delapan helikopter canggih itu, sejak pertengahan Desember 2017, telah berada di Markas Skadron 11/Serbu Penerbad Semarang, Jawa Tengah. Lima helikopter sejenis dijadwalkan tiba pada tahun 2018 ini.

Advertisement

Prajurit Korps Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) berada di atas helikopter AH-64 Apache, di Markas Skadron 11/Serbu Penerbad Semarang, Jateng, Kamis (4/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Prajurit Korps Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) berada di dekat helikopter Mi-35 buatan Rusia, di Markas Skadron 31/Serbu Penerbad Semarang, Jateng, Kamis (4/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Prajurit Korps Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) meneriakan yel-yel kesatuannya di depan deretan helikopter yang siap sedia bertempur, mengangkut, dan berpatroli di Markas Skadron 31/Serbu Penerbad Semarang, Jateng, Kamis (4/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Advertisement

“Tiga unit sudah datang akhir Desember 2017, lima sisanya segera datang,” kata Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat Mayjen TNI Besar Harto Karyawan di sela-sela kunjungannya di skuadron yang berlokasi di Pangkalan Udara Utama TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani Semarang, Kamis (4/1/2018). Dalam kunjungannya tersebut, Danpuspenerbad menyempatkan diri untuk terbang dengan menggunakan heli MI 35 mengitari wilayah Semarang dan sekitarnya.

Menurut dia, penambahan heli tempur buatan Amerika Serikat tersebut merupakan bagian dari peremajaan alutsista TNI AD. Ia mencontohkan Skuadron 31/ Serang yang diperkuat dengan helikopter buatan Rusia jenis MI 35 dan MI 17. Sementara untuk Skuadron 11/ Serbu, selain akan diperkuat dengan Apache, sebelumnya skuadron ini sudah menyiagakan heli lain buatan Amerika Serikat, yakni Bell 412.

Penguatan alutsista terbang TNI AD, lanjut dia, juga dilakukan melalui pengadaan lima pesawat CN 295 serta 12 unit helikopter Fennec. Pengadaan heli Fennec tersebut nantinya akan menggantikan heli jenis Bolco yang dinilai sudah uzur.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif