Ilustrasi pertempuran antara pasukan Yunani dan Kesultanan Ottoman di perairan Lemnos, Yunani. (Wikimedia.org) Ilustrasi pertempuran antara pasukan Yunani dan Kesultanan Ottoman di perairan Lemnos, Yunani. (Wikimedia.org)
Jumat, 5 Januari 2018 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 5 Januari

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 5 Januari.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 5 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 5 Januari.

1477
Pasukan Konferderasi Swiss bersama pasukan Kadipaten Lorraine berhasil mengalahkan pasukan Kadipaten Burgundy di dekat Nancy, Prancis. Dalam pertempuran itu, pemimpin pasukan Burgundy, Charles, tewas dimutilasi. Hasil pada pertempuran tersebut sekaligus megakhiri Perang Burgundy yang berlangsung sejak 1474.

1675
Pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Brandenburg-Prussia dikalahkan pasukan Prancis dalam pertempuran di Turckheim atau kini Alasce, Prancis. Atas kekalahan itu, pemimpin pasukan pemimpin pasukan Brandenburg-Prussia, Frederick William, melarikan diri dari wilayah Alasce demi menyelamatkan nyawanya. Lebih dari 900 tentara Kekaisaran Romawi Suci dan Brandenburg-Prussia tewas dalam pertempuran tersebut.

1912
Konferensi ke-6 Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia digelar di Praha, Austria Hungaria. Konferensi ini dianggap sebagai awal mula terpecahnya pendukung Vladimir Lenin menjadi dua kubu, yakni Bolshevik dan Menshevik.

1913
Pasukan Angkatan Laut Yunani pimpinan Pavlos Kountouriotis berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Kesultanan Ottoman yang dipimpin Ramiz Bey dalam pertempuran di Lemnos, Yunani. Pasukan Kesultanan Ottoman yang kalah kemudian meninggalkan wilayah Lemnos.

Simbol Deutsche Arbeiterpartei (DAP) atau Partai Pekerja Jerman. (Wikimedia.org)

Simbol Deutsche Arbeiterpartei (DAP) atau Partai Pekerja Jerman. (Wikimedia.org)

1919
Deutsche Arbeiterpartei (DAP) atau Partai Pekerja Jerman secara resmi berdiri dengan ideologi Nasionalisme Jerman, Pan-Jermanisme, Anti-Kapitalisme, Anti-Komunisme, Anti-Marxisme, dan Anti-Semitisme. Nama partai ini kemudian diubah pada 24 Februari 1920 menjadi Partai Nazi setelah Adolf Hitler mengambil alih kepemimpinan partai. Nazi adalah partai penguasa di Jerman sejak kejatuhan Republik Weimar pada 1933. Nazi berkuasa di Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1940
Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (AS) memulai demi siaran radio di saluran frequency modulation atau modulasi frekuensi (FM). Pada 1941, siaran radio di saluran FM resmi untuk kali pertama diperdengarkan kepada khalayak.

Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower. (History.com)

Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower. (History.com)

1957
Di hadapan Kongres, Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower menyampaikan pidatonya yang berjudul Special Message to the Congress on the Situation in the Middle East. Pada pidato tersebut, Eisenhower menyatakan negara di Timur Tengah boleh meminta bantuan ekonomi atau militer kepada AS apabila terancam oleh agresi bersenjata dari negara lain. Eisenhower menyebutkan ancaman itu bisa datang dari Rusia. Pidato tersebut kini lebih dikenal sebagai Doktrin Eisenhower. Dalam konteks politik global, doktrin ini dibuat sebagai tanggapan atas kemungkinan pecahnya perang akibat upaya Uni Soviet untuk terlibat dalam Perang Suez.

1969
Brian Hugh Warner lahir di Canton, Ohio, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi rok dengan nama panggung Marilyn Manson. Marlyn Manson dikenal kerap menampilkan gaya unik dan menyeleneh saat tampil bernyanyi.

1991
Pasukan Georgia mulai menginvasi Ossetia Selatan dan memicu Perang Ossetia Selatan hingga 24 Juni 1992. Hingga kini, Georgia masih mengklaim Ossetia Selatan sebagai wilayah kekuasaannya. Ossetia Selatan adalah negara yang kemerdekaannya hanya diakui Rusia.

1993
Kapal tanker MV Braer kandas di pesisir Kepulauan Shetland, Skotlandia dan menumpahkan 84.700 ton minyak mentah. Kapal tersebut kandas setelah terombang-ambing di tengah lautan karena didera badai besar. Akibat tumpahnya minyak mentah dalam jumlah luar biasa itu, ekosistem laut di Kepulauan Shetland rusak dan banyak satwa—salah satunya anjing laut—tewas. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Januari

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….