Wayang Topeng 30 tahun tak pentas (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) Wayang Topeng 30 tahun tak pentas (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Kamis, 4 Januari 2018 17:20 WIB Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Taman Budaya Logandeng Mulai Dibangun Tahun Ini

Dinas Kebudayaan (Disbud), Gunungkidul targetkan pengerjaan infrastruktur dasar pembangunan Taman Budaya di Logandeng, Playen selesai ditahun ini

 

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Kebudayaan (Disbud), Gunungkidul targetkan pengerjaan infrastruktur dasar pembangunan Taman Budaya di Logandeng, Playen dengan luas sekitar 2,5 hektare selesai ditahun ini.

Dikatakan kepala Disbud, Agus Kamtono bahwa pembebasan lahan telah selesai dan tahun ini mulai pengerjaan infrastruktur dasar. “Tahun ini ditargetkan pengerjaan tahap awal/ infrastruktur dasar pembangunan Taman Budaya tersebut,” ujarnya Rabu (3/1/2018).

Dirinya belum dapat memastikan di bulan apa pengerjaan Taman Budaya tersebut, karena untuk penggarapan akan diserahkan ke dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Gunungkidul.

Dana keseluruhan untuk pembangunan tersebut dikatakan oleh Agus sekitar Rp100 Miliar, sementara Dana Keistimewaan tahun ini, untuk pembangunan tersebut yaitu Rp15 Miliar. Terkait penyelesaian keseluruhan bangunan tersebut dia mengatakan akan menargetkan selesai di 2019.

Konsep yang akan ditampilkan dari Taman Budaya itu sendiri yaitu seni budaya Gunungkidul, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk menampilkan budaya lain. Selain itu juga akan ada tempat pameran juga di lantai dasar untuk event pameran seni.

Dengan pembangunan Taman Budaya tersebut diharapkan dapat menciptakan wahana untuk mementaskan adat seni tradisi Gunungkidul, sehingga kreator seni Gunungkidul dapat berkiprah. Selain itu juga sebagai wahana wisata baru.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….