Jogja
Kamis, 4 Januari 2018 - 13:20 WIB

Perikanan Bantul Fokus pada 3 Jenis Ikan Ini

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kegiatan pelepasan kepiting di Kawasan Mangrove Baros, Rabu (3/01/2018). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja)

Dipertautkan Bantul sedang fokus pada tiga komoditas yaitu ikan lele, ikan gurame, dan ikan nila

Harianjogja.com, BANTUL– Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Dipertautkan) Bantul, Pulung Haryadi mengatakan saat ini Dipertautkan Bantul sedang fokus pada tiga komoditas yaitu ikan lele, ikan gurame, dan ikan nila.

Advertisement

Meskipun begitu Dipertautkan sudah menyediakan tenaga penyuluhan untuk peternakan kepiting, meskipun populasi kepiting di Bantul tak terlalu banyak.

“Sudah ada [tenaga penyuluhan] dan ada klinik agrobisnis untuk yang mau usaha [peternakan kepiting], karena populasi kepiting tak terlalu banyak, dilakukan selama satu periode sepertinya sudah akan jadi,” ujar Pulung saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (3/01/2017).

Pulung menambahkan jika melihat animo peternak kepiting yang mulai tinggi, dia akan melakukan penyuluhan sesegera mungkin.

Advertisement

Sebelumnya, Anggota Divisi Konservasi Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B) Dwi Ratmanto menyebutkan populasi kepiting di sepanjang Muara Opak dan Laguna saat panen tak banyak, oleh karena itu butuh upaya pelestarian.

Namun habitat pelestarian kepiting dipenuhi oleh sampah saat air pantai pasang. Selain itu, para nelayan belum menemukan metode yang tepat untuk penambahan bobot kepiting.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif