Kegiatan pelepasan kepiting di Kawasan Mangrove Baros, Rabu (3/01/2018). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja) Kegiatan pelepasan kepiting di Kawasan Mangrove Baros, Rabu (3/01/2018). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 4 Januari 2018 13:20 WIB Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Perikanan Bantul Fokus pada 3 Jenis Ikan Ini

Dipertautkan Bantul sedang fokus pada tiga komoditas yaitu ikan lele, ikan gurame, dan ikan nila

Solopos.com, BANTUL– Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Dipertautkan) Bantul, Pulung Haryadi mengatakan saat ini Dipertautkan Bantul sedang fokus pada tiga komoditas yaitu ikan lele, ikan gurame, dan ikan nila.

Meskipun begitu Dipertautkan sudah menyediakan tenaga penyuluhan untuk peternakan kepiting, meskipun populasi kepiting di Bantul tak terlalu banyak.

“Sudah ada [tenaga penyuluhan] dan ada klinik agrobisnis untuk yang mau usaha [peternakan kepiting], karena populasi kepiting tak terlalu banyak, dilakukan selama satu periode sepertinya sudah akan jadi,” ujar Pulung saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (3/01/2017).

Pulung menambahkan jika melihat animo peternak kepiting yang mulai tinggi, dia akan melakukan penyuluhan sesegera mungkin.

Sebelumnya, Anggota Divisi Konservasi Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B) Dwi Ratmanto menyebutkan populasi kepiting di sepanjang Muara Opak dan Laguna saat panen tak banyak, oleh karena itu butuh upaya pelestarian.

Namun habitat pelestarian kepiting dipenuhi oleh sampah saat air pantai pasang. Selain itu, para nelayan belum menemukan metode yang tepat untuk penambahan bobot kepiting.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….