Jogja
Kamis, 4 Januari 2018 - 12:22 WIB

PEMILU 2019 : Politik Memanas, Dunia Usaha Terancam

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pelaku perhotelan, para anggota Pramuka dan pelaku wisata lainnya membersihkan kawasan Malioboro dalam kegiatan Reresik Malioboro oleh IHGM, Minggu (26/2/2017) pagi. (Holy Kartika N.S /JIBI/Harian Jogja)

Pesta demokrasi yang akan kembali digelar serentak pada 2019 mendatang diperkirakan tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan bisnis

Harianjogja.com, JOGJA-Pesta demokrasi yang akan kembali digelar serentak pada 2019 mendatang diperkirakan tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan bisnis meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) di Jogja.

Advertisement

Kestabilan bisnis MICE malah bisa jadi terancam jika kondisi politik memanas.

Hal tersebut disampaikan Ketua Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA) Chapter Jogja, Herryadi Baiin saat dihubungi Harianjogja.com, Rabu (3/1/2017).

Menurutnya, peluang bisnis MICE memang berpotensi naik pada 2018 ini tapi hanya sekitar 5-10%. “Proyeksi MICE untuk 2018 ini saya melihat tidak terlalu jauh dibanding 2017. Ada peningkatan tapi belum banyak,” kata Baiin.

Advertisement

Baiin mengatakan, berdasarkan pengalaman pada beberapa pemilu sebelumnya, peruntungan bisnis di bidang perhotelan secara umum sangat tergantung pada situasi politik yang berlangsung.

Jika nantinya suhu politik di Jogja memanas karena adanya persaingan tidak sehat atau faktor lain, hal itu akan membuat pihaknya merasa was-was.

Bukan cuma pergerakan bisnis MICE saja yang akan menurun,  tapi juga kunjungan wisata sehingga mempengaruhi tingkat okupansi hotel.

Advertisement

Baiin lalu memaparkan, ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 lalu juga tidak berpengaruh siginifikan terhadap bisnis MICE di hotel-hotel Jogja.

Pria yang juga menjabat General Manager The Rich Jogja Hotel tersebut mengungkapkan, beberapa rapat koordinasi partai maupun tim sukses memang sempat diadakan di hotelnya. Namun, kondisi serupa tidak banyak dialami hotel lainnya.

Kendati demikian, Baiin tetap berharap Pemilu 2019 mampu mengangkat potensi bisnis MICE di Jogja. Hanya saja, dia juga tidak berani memasang target terlalu tinggi, yakni cukup 5-10% seperti tahun ini.

“Bisa jadi diprediksi sepi tapi ternyata ramai karena banyak parpol yang menyelenggarakan kegiatan rapat atau koordinasi di hotel,” ujar Baiin.

Advertisement
Kata Kunci : Pemilu 2019 Wisata Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif