Jogja
Kamis, 4 Januari 2018 - 15:55 WIB

Keistimewaan DIY akan Tersaji dalam Versi Digital

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rony Primantohari saat diwawancara wartawan, Kamis (4/1/2018). (I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja)

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan menghimpun, mengelola dan menyiarkan konten-konten keistimewaan secara digital

Harianjogja.com, JOGJA-Guna semakin mendekatkan makna keistimewaan dan sekaligus untuk mewujudkan cita-cita keistimewaan itu sendiri, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan menghimpun, mengelola dan menyiarkan konten-konten keistimewaan secara digital.

Advertisement

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Rony Primantohari mengatakan DIY punya beragam potensi keistimewaan, seperti sistem pemerintahan, masyarakat, lembaga pendidikan, komunitas dan dunia usaha. Kesemua potensi tersebut perlu digali dan dikolaborasikan untuk mewujudkan cita-cita keistimewaan.

“Karena itu kami mengajak mereka agar bisa berpartisipasi untuk menggiatkan aktivitas mereka melalui kegiatan berbasis digital. Misalnya, kegiatan budaya dan sejarah Jogja seperti apa, akan kami tampilkan dalam bentuk digital,” ucapnya di Kompleks Kepatihan, Kamis (4/1/2018).

Menurut Rony ruang lingkup bidang yang akan ditampilkan dalam bentuk digital beragam, mulai dari infrastruktur, pendidikan dan literasi. Ia menyatakan, sebenarnya konten-konten digital berbau keistimewaan sudah banyak, hanya saja tidak disatukan dalam satu ruang.

Advertisement

Dengan dibuat satu ruang khusus, maka diharapkan masyarakat bisa semakin mudah mengakses informasi mengenai keistimewan. Dengan demikian pemahaman akan status DIY tersebut semakin tumbuh.

Lebih jauh Roni menerangkan, perencanaan tata? kelola digitalisasi keistimewan akan dibuat tahun ini. Ia menyatakan program ini tidak akan berhenti pada perencanaan semata, sebab DIY memiliki potensi digital yang mumpuni.

Nantinya, konten akan ditampilkan dalam sebuah aplikasi, tapi menurutnya, aplikasi hanya salah satu alat. Yang terpenting, kata Rony adalah pengembangan tata kelola keistimewan.

Advertisement

Program digitalisasi keistimewan sendiri diharapkan jadi medium untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. “Harapannya masyarakat bisa ikut berpartisipasi membangun keistimewan melalui teknologi,” tutupnya.

Advertisement
Kata Kunci : Keistimewaan DIY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif