Ilustrasi hujan. (JIBI/Harian Jogja/Reuters) Ilustrasi hujan. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Kamis, 4 Januari 2018 18:55 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Januari Diprediksi Jadi Puncak Musim Hujan

“Januari jadi puncak musim hujan dengan intesitas tinggi”

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Puncak musim hujan diprediksi terjadi di Januari 2018. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana yang terjadi saat musim penghujan.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi hingga Maret mendatang. Namun, untuk puncak musim hujan diprediksi terjadi di bulan ini. “Januari jadi puncak musim hujan dengan intesitas tinggi,” kata Taryono kepada wartawan, Kamis (4/1/2018).

Menurut dia, puncak musim hujan harus benar-benar diwaspadai karena dapat memicu terjadinya bencana. Oleh karena itu, mayarakat diminta terus waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan BPBD, di Gunungkidul terdapat beberapa potensi bencana mulai dari tanah longsor, banjir hingga angin kencang. Untuk tanah longsor, kata Taryono, potensi bencana terdapat di tujuh kecamatan meliputi Purwosari, Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen, Semin dan Ponjong.

Sementara itu, untuk banjir berpotensi terjadi di wilayah Tanjungsari dan lokasi-lokasi yang berada di bantaran Sungai Oya maupaun Besole. “Kalau untuk angin kencang potensinya merata di seluruh wilayah,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya musibah, BPBD telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan memperluas cakupan desa siaga bencana di Gunungkidul. Selain itu, untuk penanganan saat terjadi bencana, personel BPBD juga sudah disiagakan dan siap diterjunkan sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Kami juga menjalin komunikasi dengan relawan-relawan bencana, tagana hingga aparat keamanan mulai dari polisi hingga TNI,” imbuh dia.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….