Foto Ilustrasi Kamar Hotel (JIBI/Harian Jogja/Antara
Kamis, 4 Januari 2018 19:55 WIB Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Hotel DIY Berharap Kecipratan Untung Momen Pemilu 2019

Peluang bisnis MICE memang berpotensi naik

Solopos.com, JOGJA-Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA) Chapter Jogja memperkirakan Pemilu 2019 mendatang tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan bisnis Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). Meski begitu, sejumlah hotel di DIY tetap mengharapkan adanya peningkatan okupansi hotel.

Ketua IHGMA Chapter Jogja Herryadi Baiin berpendapat, peluang bisnis MICE memang berpotensi naik pada 2018 ini tapi hanya sekitar 5-10%. Begitu pula pada 2019 nanti, khususnya sejak mendekati Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Kendati demikian, Baiin tetap berharap Pemilu 2019 mampu mengangkat potensi bisnis MICE di Jogja. “Bisa jadi diprediksi sepi tapi ternyata ramai karena banyak parpol yang menyelenggarakan kegiatan rapat atau koordinasi di hotel,” ujar Baiin, Rabu (3/1/2018).

Di sisi lain, General Manager Hotel Grand Keisha Yogyakarta by Horizon Atik Damarjati menaruh harapan besar pada Pemilu 2019. Pasalnya, MICE memang menjadi pangsa pasar utama hotel yang terletak di wilayah Condongcatur, Depok, Sleman itu. Hampir setiap pekan pihaknya tidak pernah absen melayani tamu-tamu yang mengadakan rapat atau pertemuan lain.

Atik mengatakan, setiap partai atau koalisi nantinya pasti membutuhkan tempat yang memadai untuk mengadakan pertemuan. Hotel Grand Keisha Yogyakarta by Horizon sendiri memiliki sembilan ruang pertemuan dan sebuah ballroom. “Harapannya MICE ini bisa meningkat sampai 30 persen karena tidak cuma menerima dari kalangan pemerintahan atau perusahaan seperti sekarang tapi juga ditambah dari partai,” ucap Atik.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….