Jogja
Kamis, 4 Januari 2018 - 12:55 WIB

Hanya Beroperasi di Tanggal 15, Wisata Susur Sungai Baros Tetap Dibuka

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kegiatan pelepasan kepiting di Kawasan Mangrove Baros, Rabu (3/01/2018). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja)

Wisata susur sungai kawasan mangrove dusun Baros, Tirtohargo, Kretek Bantul tetap berjalan meski hanya dikunjungi wisatawan saat air pantai pasang

Harianjogja.com, BANTUL – Wisata susur sungai kawasan mangrove dusun Baros, Tirtohargo, Kretek Bantul tetap berjalan meski hanya dikunjungi wisatawan saat air pantai pasang. Saat ini hanya terdapat empat perahu karena air sedang surut.

Advertisement

Anggota Divisi Konservasi Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B), Dwi Ratmanto mengatakan wisatawan yang memesan paket susur sungai sangat jarang ditemui. “Sebulan belum tentu ada,” kata Dwi saat ditemui Harianjogja.com, Rabu (3/1/2017).

Pada tanggal 15 setiap bulannya, saat air pantai pasang, pengelola menyediakan 15 perahu, namun wisatawan tidak terlalu ramai. Pada hari-hari biasa, wisatawan hanya memesan paket wisata menanam tumbuhan.

Saat ini paket wisata di Dusun Baros kebanyakan dipesan oleh masyarakat minat khusus seperti mahasiswa dan anak Sekolah Dasar. Harapannya, wisata susur sungai bisa diminati oleh masyarakat umum.

Advertisement

Perjalanan susur sungai akan dimulai dari Pantai Pengklik kemudian mengarah ke timur. Sedangkan jalur alternatif ada di depan ikon Kawasan Mangrove Dusun Baros, perahu yang berlayar dari sana akan diarahkan menuju pesisir Laguna.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif