FC Barcelona (JIBI/REUTERS/Albert Gea)
Kamis, 4 Januari 2018 14:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Spanyol Share :

COPA DEL REY
Kesampingkan Saga Coutinho Dulu, Barcelona!

Copa del Rey akan menyajikan duel Celta Vigo vs Barcelona.

Solopos.com, VIGO — Ruang ganti Barcelona belakangan kembali menghangat dengan rumor transfer Philippe Coutinho ke Camp Nou. Setelah apparel Nike mempromosikan winger Liverpool itu sebagai pemain Barca, kini muncul isu lain bahwa sang pemain sudah memilih nomor punggung tujuh.

Adalah media olahraga Brasil, Diario Gol, yang mengipasi rumor Coutinho akan mengenakan nomor yang pernah dipakainya saat berseragam Inter Milan. Saga transfer Coutinho ini jelas sedikit banyak mengganggu konsentrasi skuat Barcelona saat melawat ke kandang Celta Vigo di Balaidos, Jumat (5/1/2017) dini hari WIB. Padahal mereka mengusung misi wajib menang dalam leg pertama babak 16 besar Copa del Rey untuk memuluskan jalan ke perempat final.

Eks bintang Barca dan Timnas Brasil, Rivaldo, semakin memanaskan spekulasi kepindahan Coutinho dengan pernyataannya di media Spanyol, Marca. “Coutinho adalah pemain yang sangat bagus. Jika akhirnya dia bergabung bersama Barcelona, dia akan sukses dengan mudah,” ujarnya, Selasa (3/1/2017).

Persaingan lini depan Blaugrana bakal benar-benar panas jika Coutinho jadi dikontrak. Terlebih Ousmane Dembele telah pulih setelah melewatkan 18 laga bersama tim. Eks striker Borussia Dortmund ini dikabarkan fit untuk tampil melawan Celta. Pemain 20 tahun itu tentu ingin langsung memikat hati Pelatih Ernesto Valverde. Maklum Dembele baru tiga kali bermain dan mencetak satu assist sebelum cedera panjang.

Valverde sendiri belakangan memuji Dembele sebagai pemain yang tepat untuk menggantikan peran Neymar. Striker yang didatangkan dengan transfer 105 juta euro itu dianggap sangat cepat dan mampu bermain di beberapa posisi. “Sekarang dia sudah kembali berlatih, ini kabar yang sangat bagus,” ujarnya kepada Barca TV.

Selain Dembele, Barca kemungkinan besar dapat menurunkan Lionel Messi dan Luis Suarez yang cedera ringan beberapa waktu lalu. Valverde juga membawa pemain muda Jose Arnaiz dan Carles Alena ke Balaidos. Blaugrana hanya minus bek Samuel Umtiti yang masih cedera. Posisinya bakal diisi Thomas Vermaelen.

Sementara itu tuan rumah harus kehilangan gelandang Daniel Wass yang mengalami cedera engkel. Untung Celta masih punya Iago Aspas yang fit untuk melawan Barca. Sejauh ini Aspas sudah mencetak 12 gol bagi tim di semua kompetisi.

Barcelona tak boleh main-main dengan serangan Aspas dkk. jika tak ingin kecewa di Galicia. Terlebih Barca selalu kalah dalam dua lawatan terakhir ke Balaidos yakni 1-4 (2016/2016) dan 3-4 (2016/2017. Barca juga pernah disingkirkan Celta di Copa del Rey musim 2000/2001. Saat itu Tim Catalan tereliminasi di semifinal dengan agregat 2-4.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….