News
Kamis, 4 Januari 2018 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 4 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasukan Tiongkok menduduki Kota Seoul, Januari 1951. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Januari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 4 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Januari.

Advertisement

871
Pasukan Viking pimpinan Bagsecg dan Halfdan berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Saxon Barat yang dipimpin Aethelred dan Alfred di Reading, Berkshire yang kini menjadi wilayah di Inggris. Kemenangan Viking itu semakin memperluas wilayah kekuasaannya selama menginvasi tanah Inggris.

Christopher Columbus. (History.com)

Advertisement

Christopher Columbus. (History.com)

1493
Christopher Colombus meninggalkan tanah Amerika yang ia temukan dan mengakhiri penjelajahan pertamanya. Sebelumnya, Colombus mendarat di tanah Amerika pada 12 Oktober 1492.

1854
Penjelajah bernama William Mc Donald menemukan pulau di Samudera Hindia bagian selatan dekat Antartika. Pulau tersebut kemudian dinamai Pulau Mc Donald. Kini, Pulau Mc Donald merupakan wilayah Persemakmuran Australia.

Advertisement

1918
Rusia, Jerman, Swedia, dan Prancis secara resmi mengakui kemerdekaan Finlandia dari Rusia. Sebelumnya, Finlandia telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Rusia pada 6 Desember 1917.

1946
Sehari setelah mengumumkan kepindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Jogja, Presiden Soekarno tiba di ibu kota baru Indonesia itu. Soekarno menempuh perjalanan dari Jakarta ke Jigja menggunakan kereta api.

1948
Burma meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelumnya, Burma dikuasai Inggris sejak 1824.

Advertisement

1951
Pasukan Tiongkok dan pasukan Korea Utara (Korut) berhasil merebut Kota Seoul dari pasukan PBB dalam Pertempuran Seoul yang berlangsung sejak 31 Desember 1950. Namun demikian, pasukan Tiongkok dan pasukan Korut harus kehilangan ribuan tentara mereka yang tewas, sedangkan PBB hanya kehilangan ratusan temtaranya.

1990
Dua kereta api yang melintas berlawanan arah di Sukkur, Pakistan bertabrakan satu sama lain. Akibatnya, 307 orang tewas dan 700 orang terluka. Peristiwa itu merupakan kecelakaan kereta api paling buruk di Pakistan sepanjang sejarah.

Toni Kroos. (Tribuna.com)

Advertisement

1990
Toni Kroos lahir di Greifswald, Jerman Timur. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Eropa, Real Madrid. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu bergabung ke Real Madrid pada 2014 silam. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Januari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif