Ilustrasi Wayang Potehi. (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Ilustrasi Wayang Potehi. (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)
Kamis, 4 Januari 2018 19:20 WIB Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Akan Ada Workshop Wayang Potehi di PBTY 2018

PBTY digelar Februari mendatang

Solopos.com, JOGJA-Penyelenggaraan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) tahun ini menghadirkan beberapa penampilan baru. Salah satunya yakni upaya menghidupkan Rumah Budaya Tionghoa dengan menghadirkan Workshop Wayang Potehi.

Anggota Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC) Bekti mengatakan, acara masih akan dikemas seperti tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya menghadirkan penampilan seni dan budaya, serta karnaval budaya yang selalu menjadi ikon dari perayaan ini. “Secara umum, tidak akan jauh berbeda. Hanya memang akan ada yang spesial nantinya,” ujar Bekti kepada Harian Jogja, Rabu (3/1/2018).

Perayaan Imlek pada tahun Anjing Tanah akan digelar pada Februari mendatang. Bekti menambahkan, salah satu yang akan ditampilkan pada festival Tionghoa ini yakni Wayang Potehi. Biasanya Wayang Potehi hanya ditampilkan dengan beragam penampilan dan cerita. Kali ini, dikemas dalam sebuah workshop sehingga masyarakat DIY dan wisatawan diajak lebih mengenal budaya Tiongkok ini. “Dalam workshop nanti akan diperkenalkan sejarah wayang ini dan beberapa tokoh dari cerita Wayang Potehi,” ungkap Bekti.

Selain workshop, akan digelar juga kegiatan mewarnai wayang potehi. Di mana kegiatan ini akan dibuka untuk umum. Bekti memaparkan, selama tujuh hari penyelenggaraan PBTY kegiatan mewarnai kepala wayang potehi ini dapat dinikmati pengunjung.

“Kegiatan ini akan digelar di Rumah Budaya Tionghoa yang ada di Ketandan. Ini upaya kami untuk lebih menghidupkan rumah budaya ini, selain nantinya akan menghadirkan berbagai barang tentang Tionghoa,” imbuh Bekti.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….