Ilustrasi gol sepak bola (JIBI/Harian Jogja/Dok) Ilustrasi gol sepak bola (JIBI/Harian Jogja/Dok)
Rabu, 3 Januari 2018 13:00 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Indonesia Share :

SSB Sidoarjo hingga Asahan Meriahkan Turnamen Pasoepati Cup II

Pasoepati Cup II dilaksanakan di Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 24 sekolah sepak bola (SSB) se-Indonesia bakal adu skill dalam Pasoepati Cup II yang digelar di Sukoharjo, 21, 28 Januari dan 4 Februari 2018. Ada tiga kelompok umur (KU) yang dipertandingkan yakni KU-17 (kelahiran 2001), KU-16 (kelahiran 2002) dan KU-15 (kelahiran 2003).

Turnamen dalam rangka memeringati hari jadi kedua Pasoepati Football Academy (PFA) dipastikan lebih panas dibanding ajang serupa tahun lalu. Jika pada 2017 turnamen di setiap KU hanya diikuti empat tim, kini ada delapan tim yang siap bertanding memperebutkan trofi juara.

PFA sebagai tuan rumah jelas memiliki tantangan lebih untuk mempertahankan dua trofi yang diraih tahun lalu. Saat itu tim asuhan Dwi Joko tersebut meraih gelar di KU kelahiran 2002 dan 2003.

Pejabat Humas Pasoepati Cup II, Riyadi Syarifudin, mengatakan turnamen kali ini lebih semarak dengan kehadiran tim dari luar Pulau Jawa. SSB dari Sumatra Utara, Askab Asahan, dipastikan tampil di KU-16. Ada pula SSB dari luar Jawa Tengah seperti Leo Krajan (Madiun), Pratama (Pacitan), AMW (Kulon Progo), hingga Bligo Putra (Sidoarjo).

Juara KU-17 tahun lalu, Apac Inti Ungaran, juga siap bersaing kembali dalam turnamen. “Level kompetisi jelas meningkat dibanding tahun lalu,” ujar Bona, sapaan akrab Riyadi, Selasa (2/1/2018).

Bona yang juga Asisten Manajer PFA tak menampik perjuangan PFA untuk mempertahankan trofi bakal lebih berat dibanding sebelumnya. Namun dia mengklaim PFA tak mencari trofi dalam turnamen yang digelar di Lapangan Demakan dan Lapangan Klumprit Sukoharjo itu.

Dia mengatakan gelaran Pasoepati Cup II lebih ditujukan agar nama PFA semakin dikenal di level nasional. “Sekalian untuk persiapan Piala Soeratin,” ujarnya.

Pasoepati Cup II akan menggunakan sistem grup di masing-masing KU. Setiap grup yang terdiri empat tim akan dicari yang terbaik untuk tampil di babak final setiap KU. Turnamen yang kali pertama akan diputar adalah KU-15 pada 21 Januari. Adapun KU-16 akan digelar 28 Januari 2018 dan KU-17 pada 4 Februari 2018. “Turnamen di setiap KU selesai dalam satu hari,” ujar Bona.

Daftar Peserta Pasoepati Cup II (sementara)
—KU 17 (Tahun 2001)
1. Pasoepati Football Academy Sukoharjo
2. SSB AMW Kulon Progo
3. Apacinti Football Academy Ungaran
4. SSB SKS Semarang
5. SSB Leo Krajan Madiun
6. SSB Pratama Pacitan
7. SSB Zetle Mayer Solo
8. SSB Adidas Solo
9. SSB Mars Solo

—KU 16 (Tahun 2002)
1. Pasoepati Football Academy Sukoharjo
2. Apacinti Football Academy Ungaran
3. SSB New Pelita Solo
4. SSB Putra JK Banjarnegara
5. Askab PSSA Asahan .

—KU 15 (2003)
1. Pasoepati Foodball Academy Sukoharjo
2. SSB New Star Salam Sidoarjo
3. Apacinti Football Academy Ungaran
4. SSB Bligo Putra Sidoarjo
5. SSB Madya Pemda Solo
6. SSB Tugu Muda
7. SSB Adidas Solo
8. SSB R2 Solo
Sumber: Panitia Pasoepati Cup II (cha)

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….