Jogja
Rabu, 3 Januari 2018 - 16:55 WIB

Polres Kulonprogo Buru Pelaku Pembakaran Al Quran

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu Al Quran yang menjadi barang bukti pembakaran di Masjid Al Iman, Siluwok Lor, Tawangsari, Selasa (2/1/2018). Barang bukti kemudian dibawa ke Polres Kulonprogo. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Sebanyak 25 jilid Alquran ditemukan dalam kondisi hangus dan terbakar

Harianjogja.com, KULONPROGO– Sebanyak 25 jilid Alquran ditemukan dalam kondisi hangus dan terbakar di kamar mandi Masjid Al Iman, Dusun Siluwok Lor, Desa Tawangsari, pada Selasa (2/1/2018) siang. Hingga kini pelaku masih dalam pencarian jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kulonprogo.

Advertisement

Baca juga : Pelaku Pembakaran Al Quran di Pengasih Diduga Alami Gangguan Jiwa

Kapolres Kulonprogo, Ajun Komisaris Besar Polisi Irfan Rifai mengungkapkan setelah peristiwa terjadi, aparat sudah berupaya mencari keberadaan pelaku yang belum diketahui identitasnya dan diduga mengalami gangguan kejiwaan itu.

Menurut informasi dan keterangan saksi, pelaku diduga berada di sekitar wilayah Temon. Sehingga, pencarian dilakukan dengan cara, menyambangi kediaman sejumlah rumah warga yang sekiranya memiliki anggota keluarga mengidap gangguan kejiwaan.

Advertisement

Sedikitnya sudah ada empat rumah warga yang didatangi oleh aparat, kemudian ciri-ciri mereka dicocokkan dengan keterangan saksi. Sayangnya, upaya pencarian belum membuahkan hasil.

“Siang ini aparat mulai dari Polsek Pengasih, Sat Reskrim, dan Sat Intelkam bergerak lagi dan menemukan informasi lain yang mengarah sesuai ciri pelaku. Doakan saja kami segera bisa menemukan pelaku, supaya kejadian ini tidak terulang lagi di tempat lain,” ujarnya, Rabu (3/1/2018).

Ia menambahkan, dari keterangan saksi pertama bernama Purnawan, diketahui bahwa pada Selasa siang sekitar pukul 11.50 WIB, ia menjumpai kepulan asap dari kamar mandi. Saat didekati, ia menemukan Alquran dalam kondisi gosong terbakar di salah satu kamar mandi.

Advertisement

Kemudian saksi tersebut mencoba memadamkan api, dengan cara mengambil air dari kamar mandi yang berada di sebelahnya.

“Saat itulah, saksi melihat seorang perempuan di kamar mandi tersebut. Melihat saksi datang, perempuan itu melengos dan pergi begitu saja,” kata dia.

Irfan menambahkan, selain melakukan pencarian pelaku dan pendalaman kasus, Polres Kulonprogo juga akan memberikan bantuan sejumlah Alquran untuk menggantikan Alquran yang sudah rusak akibat dibakar oleh pelaku, pada Rabu sore.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif