Menara telekomunikasi (Arief Junianto/JIBI/Harian jogja) Menara telekomunikasi (Arief Junianto/JIBI/Harian jogja)
Rabu, 3 Januari 2018 22:55 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Kulonprogo Targetkan Rp700 Juta dari Menara Telekomunikasi

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menargetkan pendapatan sebesar Rp700 juta

 
Solopos.com, KULONPROGO-Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menargetkan pendapatan sebesar Rp700 juta dari Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi (RPMT) pada 2018.

Pemerintah Kabupaten optimistis target tercapai, mengingat ketertiban para investor dalam membayar dan mengurus perizinan.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Teknologi dan Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Rusdisuwarno mengatakan, pada intinya Pemkab hanya intensif dalam melakukan komunikasi dengan para investor dan melaksanakan ketentuan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati.

Selama ini pintu masuk pertama para investor yang ingin berinvestasi dalam RPMT selalu terpantau, imbuhnya. Selain itu kebanyakan mereka ada investor lama yang sudah mengetahui aturan dan menyadari tanggung jawab, hak dan kewajiban mereka.

Ia mengungkapkan, secara keseluruhan ada 17 provider yang berinvestasi di Kulonprogo, beberapa di antaranya Telkomsel, Indosat, XL Axiata, tower bersama group, DSS, STP, Daya Mitra, Protelindo. Dari 17 itu, terdapat 97 unit menara berdiri. Pada 2017, pendapatan RPMT sempat mengalami penurunan, yaitu sebesar Rp272 juta, dari total yang bisa dicapai Rp375 juta selama delapan bulan.

“Kenapa hanya delapan bulan? Pada Mei 2015 ada putusan Mahkaman Konstitusi yang membatalkan Peraturan Daerah mengenai penarikan tarif retribusi menara, sehingga kami tidak bisa menarik retribusi. Baru pada Mei 2017 kami bisa kembali melakukan penarikan retribusi menara,” ungkapnya, Rabu (3/1/2018).

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….