Salah satu Al Quran yang menjadi barang bukti pembakaran di Masjid Al Iman, Siluwok Lor, Tawangsari, Selasa (2/1/2018). Barang bukti kemudian dibawa ke Polres Kulonprogo. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja) Salah satu Al Quran yang menjadi barang bukti pembakaran di Masjid Al Iman, Siluwok Lor, Tawangsari, Selasa (2/1/2018). Barang bukti kemudian dibawa ke Polres Kulonprogo. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 3 Januari 2018 17:20 WIB Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Kemenag Kulonprogo Minta Warga Tak Terprovokasi Kasus Pembakaran Al Quran

Kepala Kementerian Agama Kulonprogo Nurudin meminta masyarakat, khususnya di Kulonprogo jangan terprovokasi

Solopos.com, KULONPROGO– Kepala Kementerian Agama Kulonprogo Nurudin meminta masyarakat, khususnya di Kulonprogo jangan terprovokasi atas tindakan pembakaran A Quran di Siluwok Lor, Desa Tawangsari Pengasih, pada Selasa (2/1/2018) siang.

Baca juga : Pelaku Pembakaran Al Quran di Pengasih Diduga Alami Gangguan Jiwa

Terlebih identifikasi sementara, pelaku pembakaran ialah perempuan diduga mengalami gangguan kejiwaan.

“Yang pertama kami [Kementrian Agama] ikut prihatin kejadian yang terjadi pembakaran itu, membuat kita terus prihatin,” kata Nurudin siang (3/1/2017).

Nurudin meminta masyarakat untuk berpikir secara jernih dan merenung apakah ada unsur kesengajaan atau tidak dari tindakan pembakaran Al Quran tersebut.

“Tentunya kita terus berpikir dan merenung apakah ada unsur-unsur kesengajaan atau yang bertindak orang yang normal atau tidak,” katanya.

Apalagi, menurut informasi yang didapat Nurudin, kejadian itu dilakukan di siang bolong bersamaan dengan waktu Salat Dzuhur.

“Kalau bukan orang gila, saya kira tidak melakukan hal itu. Jika orang normal InsyaAllah akan ditindak seadil-adilnya,” jelasnya.

Sebelumnya setidaknya 25 buah Al Qur’an ditemukan dalam kondisi terbakar di kamar mandi masjid Al Iman, Dusun Siluwok Lor, Desa Tawangsari, Selasa (2/1/2018). Dari keterangan sejumlah saksi, pelaku pembakaran Al Quran diduga mengalami gangguan kejiwaan.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….