Umat muslim memadati Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, mengikuti pengajian pada peringatan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi, Kamis (19/1/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos) Umat muslim memadati Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, mengikuti pengajian pada peringatan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi, Kamis (19/1/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)
Rabu, 3 Januari 2018 23:15 WIB Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos Solo Share :

Jelang Haul Habib Ali, Hotel Solo Mulai Ramai Dipesan

Sejumlah hotel di Pasar Kliwon, Solo, rata-rata sudah hampir penuh dipesan para jemaah yang akan menghadiri haul Habib Ali.

Solopos.com, SOLO — Hotel di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mulai ramai dipesan menjelang Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi, 8-9 Januari mendatang. Rata-rata hotel sudah dipesan sejak haul tahun lalu selesai.

Public Relation Manager Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, Tia Kristiyanti, mengatakan dari 121 kamar yang tersedia, sekitar 70 persennya sudah dipesan untuk 7-9 Januari. Dia menambahkan length of stay (lama menginap) pada Haul Habib Ali antara satu hingga dua malam.

Tia berujar para tamu yang KSPH Solo yang datang saat Haul Habib Ali merupakan tamu loyal yang selalu menginap di hotel tersebut saat haul. “Biasanya, sesudah haul rampung, para tamu tersebut memesan kamar lagi untuk haul tahun depan. Mereka bisa memperkirakan pelaksanaan Haul Habib Ali tahun depan,” kata dia saat ditemui Solopos.com di hotel tersebut, Selasa (2/1/2018). (baca: Sepekan Jelang Haul Habib Ali, Keluarga dan Warga Pasar Kliwon Mulai Bersiap)

Dia optimistis selama haul berlangsung okupansi hotel tersebut mencapai 100%. Prediksi tersebut didasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya di mana okupansi KSPH selalu 100% saat haul Habib Ali berlangsung.

Pejabat Public Relations Aziza Hotel Solo, Tika Wulan Safitriyani, mengatakan dari 93 kamar di hotel tersebut saat ini tinggal tersisa delapan kamar kosong untuk 7-9 Januari. Para tamu biasanya memesan kamar enam bulan sebelum haul atau reservasi setelah haul sebelumnya berakhir.

Dia optimistis okupansi hotel tersebut mencapai 100% selama haul. Biasanya ada tamu yang memesan kamar secara walk in menjelang haul. “Sementara ini para tamu yang menginap saat haul berasal dari Malaysia, Australia, Arab Saudi, Lampung, Kalimantan, dan Jakarta,” terang dia.

Dia menambahkan okupansi Aziza Hotel Solo selalu penuh saat Haul Habib Ali. Sebanyak 90% tamu yang menginap di hotel tersebut selama haul merupakan tamu tetap. Sisanya merupakan tamu yang memesan kamar melalui online travel agent (OTA) atau walk in.

Sementara itu, data yang diperoleh Solopos.com dari Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, pada 2016 terdapat 21 penginapan di Pasar Kliwon dan Serengan. Di Pasar Kliwon terdapat empat hotel berbintang, empat hotel melati, dua homestay, satu guest house, dan satu youth house. Sementara di Serengan terdapat empat hotel berbintang, tiga hotel melati, dan dua homestay.

Jika ditotal, terdapat 916 kamar di kedua kecamatan tersebut. Seluruh kamar tersebut terdiri atas 552 kamar di Pasar Kliwon dan 364 kamar di Serengan.

Hotel berbintang di Pasar Kliwon ada Aziza Hotel Solo, KSPH Solo, Grand Amira Hotel Solo, dan The Royal Surakarta Heritage. Sementara hotel melati di kecamatan tersebut ada Griyadi Sahid Kusuma Hotel, Beteng Jaya Hotel, Istana Griya Hotel, dan lain-lain.

Sementara itu hotel berbintang di Serengan ada Amarelo Hotel Solo, Sarila Hotel Solo, Hotel Indah Palace, dan lain-lain. Sedangkan hotel melati di kecamatan tersebut ada Hotel Matahari, Hotel Indah Permai, dan lain-lain.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….