Ilustrasi inflasi atau deflasi. (wilsonrevunplugged.blogspot.com) Ilustrasi inflasi atau deflasi. (wilsonrevunplugged.blogspot.com)
Rabu, 3 Januari 2018 18:42 WIB Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Inflasi Jogja Melampaui Nasional, Ini Penyebabnya

Inflasi Jogja pada Desember 0,90%.

Solopos.com, JOGJA–Harga sejumlah sayuran yang merangkak naik memberikan dampak pada kenaikan inflasi DIY pada Desember 2017. Disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, JB Priyono, inflasi DIY berada di atas nasional, baik secara kalender maupun tahun ke tahun.

Laju inflasi DIY pada Desember 2017 terhadap Desember 2016 mencapai 4,20%. Sedangkan inflasi per bulan Desember 2017 sebesar 0,90%. Padahal inflasi nasional hanya 0,71% pada Desember 2017 dan tidak sampai 4% untuk year on year.

“Sedangkan inflasi pada Desember 2017, juga lebih tinggi dari nasional, pemicunya adalah komoditas sayuran. Andil perubahan indeks sayuran terhadap inflasi ini mencapai 18,58 persen,” ujar Priyono, Rabu (3/1/2018).

Priyono memaparkan beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan yang cukup luar biasa. Komoditas itu antara lain cabai, kangkung, kacang panjang, brokoli, terong panjang hingga tomat sayur. Jika diakumulasi kenaikan komoditas-komoditas tersebut, andil yang diberikan yakni mencapai 18,58%.

Terjadinya inflasi DIY disebabkan adanya kenaikan indeks enam kelompok pengeluaran. Di antaranya kelompok bahan makanan naik 3,56%, kelompok makanan jadi naik 0,13%, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar dengan kenaikan 0,02%.

“Salah satu komoditas yang menahan inflasi dengan penurunan harga yakni buah-buahan dengan 0,61 persen,” papar Priyono.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….