Harian Jogja Hari Ini edisi Rabu (3/1/2018). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Harian Jogja Hari Ini edisi Rabu (3/1/2018). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)
Rabu, 3 Januari 2018 10:43 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Gap Ekonomi Sulit Diatasi

Harian Jogja Hari Ini edisi Rabu (3/1/2018)

Solopos.com, JAKARTA—Penduduk miskin di Indonesia berkurang signifikan, meski penurunannya tak sedrastis satu dekade silam. Sayangnya, ketimpangan masih sulit diatasi, terutama di DIY.

Jokowi Jauh Ungguli Prabowo
JAKARTA—Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menggelar survei nasional bertajuk Tahun Politik 2018: Kekuatan Partai Politik dan Calon Presiden. Hasilnya, elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) masih mengungguli Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada 2019.

Misteri Senjata Biologis Korea Utara
Antibodi antraks ditemukan dalam tubuh salah satu tentara Korea Utara (Korut) yang membelot sepanjang 2017. Temuan itu memunculkan dugaan, Korut tengah mengembangkan senjata biologis dari bakteri Bacillus anthracis, penyebab antraks. Berikut laporan yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan, dari berbagai sumber.

Persiapan Maguwoharjo Sudah Beres
SLEMAN—Persiapan Stadion Maguwoharjo Sleman menggelar uji coba Indonesia Selection menghadapi Islandia, Kamis (11/1) pekan depan, sudah beres.

Merger atau Tutup
JOGJA-Kopertis Wilayah V DIY akan memberikan dua pilihan bagi perguruan tinggi swasta (PTS) yang kekurangan mahasiswa dan sulit berkembang di 2018.

Pendaftar Sedikit, SK Gubernur Ditunda
DANUREJAN-Surat Keputusan (SK) Gubernur yang mengatur tentang penentuan tarif, kuota dan wilayah angkutan tidak dalam trayek atau kerap disebut taksi online, hingga kini belum ditandatangani.

Bus Limbersa Masuk Jurang, Puluhan Penumpang Luka
IMOGIRI—Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Imogiri- Panggang, atau tanjakan Siluk, tepatnya di Dusun Lanteng, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Selasa (2/1) siang. Bus PO Limbersa bernomor polisi BG 7350 T terperosok masuk ke jurang sedalam 20 meter.  Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, seluruh penumpang dan sopir, termasuk berapa anak balita dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas akibat luka-luka.

Bandar Narkoba Mulai Dibidik
PENGASIH—Tingginya angka kasus narkoba di Kulonprogo memaksa jajaran Satuan Reserse Narkoba (Sat Res Narkoba) Kepolisian Resor (Polres) Kulonprogo, mulai meningkatkan kinerja mereka dalam ungkap kasus narkoba pada 2018. Salah satu upayanya adalah dengan membidik pada bandar narkoba dalam setiap ungkap kasus.

Wacana Perubahan Dapil Mengerucut Tiga Opsi
WONOSARI–Komisi Pemilihan Umum Gunungkidul terus mengkaji wacana perubahan daerah pemilihan untuk Pemilu 2019. Hasil kajian yang dilakukan melalui tahapan sosialisasi dan simulasi mengerucut pada tiga opsi.

BOP Ditambah, SMK Harus Revitalisasi
JOGJA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga (Disdikpora) DIY memastikan pemerintah akan menambah bantuan operasional pendidikan (BOP) bagi SMK menjadi Rp4 juta per siswa per tahun pada 2018. Selain lima SMK yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, SMK lain di DIY juga didorong untuk merevitalisasi secara mandiri.

Target Tercapai 896.231 Unit
JAKARTA–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) sepanjang 2017 telah membangun 896.231 unit dari target pemerintah satu juta rumah.

Otomotif Optimistis Lebih Baik
JOGJA-Pertumbuhan bisnis otomotif diproyeksikan menunjukkan grafik yang positif pada 2018. Diler berbagai perusahaan berusaha terus meningkatkan pangsa pasar, setelah pada tahun kemarin penjualan dinilai lesu.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….