Jogja
Rabu, 3 Januari 2018 - 16:19 WIB

Harga Sayuran di Jogja Naik dan Memicu Inflasi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasokan sayuran di salah satu lapak pedagang sayur di Pasar Beringharjo tidak sebanyak hari biasanya, karena pedagang mulai kurangi pasokan untuk mengantisipasi sayuran cepat busuk, Jumat (3/11/2017). (Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Kenaikan harga yang hampir terjadi pada semua jenis sayuran di Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Kenaikan harga yang hampir terjadi pada semua jenis sayuran dan beras memberikan kontribusi terhadap kenaikan inflasi Kota Jogja di akhir tahun. Penyebabnya, pasokan yang terhambat membuat inflasi Jogja terkerek 0,90% dan berada di atas angka nasional.

Advertisement

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yuna Pancawati tak menampik di akhir tahun beberapa komoditas sayuran mengalami kenaikan yang signifikan.

“Kalau melihat kondisi data memang demikian. Penyebabnya cukup beragam, kebanyakan karena pasokan sayuran yang terhambat,” ujar Yuna kepada Harianjogja.com, Rabu (3/1/2018).

Yuna memaparkan harga beberapa komoditas di antaranya cabai, sayuran hingga telur ayam negeri di beberapa pasar yang dipantau dinas mengalami kenaikan.

Advertisement

“Karena sebagian komoditas pokok yang masuk ke pasar-pasar di DIY ini banyak yang disuplai dari luar daerah,” jelas Yuna.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif