Pasokan sayuran di salah satu lapak pedagang sayur di Pasar Beringharjo tidak sebanyak hari biasanya, karena pedagang mulai kurangi pasokan untuk mengantisipasi sayuran cepat busuk, Jumat (3/11/2017). (Harian Jogja/Holy Kartika N.S) Pasokan sayuran di salah satu lapak pedagang sayur di Pasar Beringharjo tidak sebanyak hari biasanya, karena pedagang mulai kurangi pasokan untuk mengantisipasi sayuran cepat busuk, Jumat (3/11/2017). (Harian Jogja/Holy Kartika N.S)
Rabu, 3 Januari 2018 16:19 WIB Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Harga Sayuran di Jogja Naik dan Memicu Inflasi

Kenaikan harga yang hampir terjadi pada semua jenis sayuran di Jogja

Solopos.com, JOGJA-Kenaikan harga yang hampir terjadi pada semua jenis sayuran dan beras memberikan kontribusi terhadap kenaikan inflasi Kota Jogja di akhir tahun. Penyebabnya, pasokan yang terhambat membuat inflasi Jogja terkerek 0,90% dan berada di atas angka nasional.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yuna Pancawati tak menampik di akhir tahun beberapa komoditas sayuran mengalami kenaikan yang signifikan.

“Kalau melihat kondisi data memang demikian. Penyebabnya cukup beragam, kebanyakan karena pasokan sayuran yang terhambat,” ujar Yuna kepada Solopos.com, Rabu (3/1/2018).

Yuna memaparkan harga beberapa komoditas di antaranya cabai, sayuran hingga telur ayam negeri di beberapa pasar yang dipantau dinas mengalami kenaikan.

“Karena sebagian komoditas pokok yang masuk ke pasar-pasar di DIY ini banyak yang disuplai dari luar daerah,” jelas Yuna.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….