Pengunjung berfoto dengan latar belakang hutan di lokasi wisata Hutan Pinus Nongko Ijo, Kare, Kabupaten Madiun, Senin (1/1/2018). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) Pengunjung berfoto dengan latar belakang hutan di lokasi wisata Hutan Pinus Nongko Ijo, Kare, Kabupaten Madiun, Senin (1/1/2018). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Selasa, 2 Januari 2018 21:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

WISATA MADIUN
Pemandangan Hutan Pinus Nongko Ijo Bikin Fresh

Wisata Madiun, Hutan Pinus Nongko Ijo sangat cocok untuk tempat berlibur keluarga.

Solopos.com, MADIUN — Libur awal tahun dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur ke berbagai tempat wisata. Salah satunya hutan pinus Nongko Ijo, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Tempat wisata alam berupa hutan pinus ini berada di kaki Gunung Wilis. Dari Kota Madiun, lokasi ini berjarak sekitar 25 km. Tempat wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 45 menit.

Dari Kota Madiun, pengunjung bisa mengambil ke arah Kecamatan Wungu atau RS Paru Dungus. Selanjutnya lurus terus sampai masuk ke Desa Kare.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Perjalanan menuju ke Nongko Ijo ini juga melewati dua hutan milik Perhutani. Kanan dan kiri jalan dipenuhi pohon jati yang menjulang tinggi.

Jalanan menuju ke lokasi sudah beraspal dan mulus sehingga pengunjung tidak perlu takut kendaraannya akan rusak karena kondisi jalan rusak. Setelah masuk di Desa Kare, ada pertigaan utama kemudian belok ke kanan.

Di jalan tersebut juga sudah ada plang besar yang menunjukkan lokasi wisata Nongko Ijo. Dari pertigaan ini masuk sekitar lima kilometer dan akan ada gapura besar yang bertuliskan kawasan wisata Hutan Pinus Nongko Ijo.

Selanjutnya pengunjung bisa masuk hingga sekitar 500 meter dengan jalan menanjak dan menurun. Sampailah di wisata hutan yang lagi ngehits di Madiun itu.

Saat Madiunpos.com mengunjungi tempat wisata itu pada Senin (1/1/2017) siang, ratusan orang masih berjejalan menikmati pemandangan wisata alam itu. Karcis masuk ke lokasi wisata itu seharga Rp5.000/orang dan parkir sepeda motor Rp5.000.

Masuk ke lokasi wisata hutan pinus ini, mata akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan indah dengan ratusan pohon pinus yang memiliki ketinggian belasan meter. Pengelola juga telah membuat jalan semi permanen dari balok paving sehingga pengunjung tidak perlu takut terpeleset saat hujan menerjang dan membuat tanahnya licin.

Sepanjang mata memandang warna hijau membentang di perbukitan yang indah. Saat mata memandang ke bawah ada sungai dan sawah yang ditata secara terasering. Sungguh pemandangan yang segar dan jauh dari polusi udara.

Pengelola juga menyiapkan menara pandang di lokasi wisata itu. Pengunjung yang membawa anak-anak tak perlu khawatir karena di hutan pinus ada sejumlah ayunan dari kayu yang bisa digunakan untuk sarana bermain anak.

Pengunjung bisa mengabadikan keindahan alam di hutan pinus itu dengan menggunakan kamera handphone atau berfoto selfie dengan latar belakang pohon pinus. Tidak hanya dengan satu angle atau sudut pandang foto melainkan mereka juga berfoto dengan sudut pandang lain.

Salah satu pengunjung, Putra, 25, datang bersama teman-temannya. Putra mengatakan datang ke Nongko Ijo untuk menghabiskan liburan akhir tahun sekaligus menikmati pemandangan indah di Nongko Ijo.

Warga Kota Madiun ini memilih Nongko Ijo karena lokasinya tidak terlalu jauh dan menawarkan keindahan alam yang keren. Selain itu, Nongko Ijo juga sangat instagramable.

“Bagus tempatnya, lumayan lah daripada jauh-jauh mending di sini saja. Pemandangannya juga enggak kalah dengan yang di luar kota,” kata dia.

Setelah lelah berjalan keliling hutan, pengunjung bisa beristirahat di gazebo yang disediakan. Sambil merebahkan badan, pengunjung bisa memesan berbagai minuman segar dan makanan yang dijual warga sekitar hutan.

Saat musim durian, pengunjung juga bisa menikmati buah itu di hutan pinus sambil merasakan angin semilir. Tempat ini sangat cocok untuk tempat berwisata keluarga, sendirian, maupun bersama teman-teman.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….