Harian Jogja Hari Ini, Selasa (2/1/2018). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Harian Jogja Hari Ini, Selasa (2/1/2018). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)
Selasa, 2 Januari 2018 10:52 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Kesemrawutan Masih Langgeng

Harian Jogja hari ini edisi Selasa (2/1/2018)

Solopos.com, JOGJA-Pemda DIY dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja kesulitan mengatasi perkara yang selalu muncul saban liburan, yakni kemacetan dan parkir.

Bom Molotov Meledak di Mapolsek Bontoala
JAKARTA-Bom Molotov yang dilemparkan ke Mapolsek Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (1/1) dini hari dibuat menyerupai petasan. Akibat pelemparan bom molotov itu, tiga anggota Polri terluka. Kepolisian belum menyimpulkan kejadian itu terkait dengan aksi terorisme.

Ransomware Bisa Merajalela
Di sepanjang 2017, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan berbagai upaya peretasan, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), situs Telkomsel sampai Kejaksaan. Kemudian, serangan ransomware WannaCry ke Indonesia hingga ransomware Nopetya. Berikut laporan wartawan Harian Jogja, Galih Eko Kurniawan, dari berbagai sumber.

Conthong Gabungkan Teater & Ketoprak
JOGJA—Membawakan lakon Jaka Pengasih, kelompok Ketoprak Conthong berhasil memukau penonton yang memenuhi Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada Jumat (29/12) malam. Grup ini berhasil membawa kesenian tradisional jadi sesuatu yang digemari anak muda karena menggabungkan seni drama teater dan ketoprak.

Momentum Kun
MANCHESTER-Badai cedera pemain bisa membuah Manchester City belingsatan meski unggul 14 poin di puncak klasemen sementara Liga Premier. Bagaimana tidak, satu per satu anak asuh Josep “Pep” Guardiola tumbang dan harus menepi dari lapangan.

Berburu Kado Awal Tahun
NAPLES-Tahun 2017 bagaikan roller coaster bagi Napoli. Setelah hanya finis di beringkat ketiga Seri-A musim 2016/2017, tim berjuluk Partenopei ini kembali terluka karena tersingkir dini di Liga Champions 2017/2018.

Hilang di Kemadang, Ketemu di Malang
GUNUNGKIDUL—Jasad Ilham Desta Andriyanto, korban kecelakaan laut di Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, ditemukan di Dermaga Pulau Sempu, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (31/12) sore.

Januari, Banyak Pejabat Bakal Dirotasi
GONDOKUSUMAN—Mengawali 2018, Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Purwadi, mengisyaratkan adanya rotasi pejabat di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Jogja. Namun, ia belum mau menyebut pejabat mana saja yang bakal terkena rotasi. Ia mengatakan rotasi jabatan perlu dilakukan karena saat ini banyak yang rangkap jabatan. “Perlu penataan lagi,” kata Heroe, Sabtu (30/12).

Rekanan Pasar Sleman Unit I Kena Penalti
SLEMAN—Dari sejumlah proyek pembangunan fisik yang masuk dalam tahap finishing, hanya Pasar Sleman Unit I yang dipastikan molor. Proyek tersebut dijadwalkan baru selesai pekan pertama bulan ini.

TPR Parangtritis Digratiskan 3 Jam
KRETEK—Kemacetan panjang di pintu masuk tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Parangtritis terjadi pada puncak kunjungan wisata Tahun Baru 2018, Senin (1/1).  Akibat menumpuknya kendaraan wisatawan di atas Jembatan Kretek, retribusi sempat digratiskan selama tiga jam.

Konstruksi Dimulai, AP I Tak Jamin Kondisi Warga
TEMON—Pada 2018, PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memastikan proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon akan memasuki tahap percepatan pembangunan konstruksi fisik. Oleh karena itu, PT AP I mengaku tidak akan bertanggungjawab atas nasib warga yang memilih bertahan tetap tinggal di lahan Izin Penetapan Lokasi (IPL).

Wisatawan Padati Gunungkidul
WONOSARI–Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul mencatat ada sekitar 30.000 pengunjung yang merayakan malam pergantian tahun di destinasi wisata Gunungkidul. Mayoritas pengunjung menyasar pesisir Pantai Selatan.

Juknis Jumlah Mapel Diperlukan
JOGJA—Musyawarah Kepala SMK Kesehatan DIY mengharapkan adanya petunjuk teknis (juknis) yang jelas dan tegas terkait jumlah mata pelajaran (mapel) dalam pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) berbasis komputer. Jika keseluruhan mapel non-UN diikutsertakan dalam UASBN berbasis komputer maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Kebijakan ini juga akan menganggu pelaksanaan UN SMP yang seringkali meminjam fasilitas dari SMK.

Masih Jauh dari Harapan
JAKARTA –  Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, kinerja penerimaan pajak periode 2017 kembali tak mencapai target. Informasi yang dihimpun Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) hingga Jumat (29/12/2017), realisasi penerimaan pajak masih di kisaran 89,26% atau Rp1.145,7 triliun dari target APBN Perubahan 2017 senilai Rp1.283,6 triliun.

Pertahankan Ramayana Sebagai Ikon Hotel
Salah satu tempat di Jogja yang menjadi kenangan banyak orang adalah kawasan legendaris Purawisata. Kini kawasan tersebut  menjelma menjadi Ayola Tasneem Convention Hotel. Lantas bagaimana Eko Yulianto dan tim berjuang mempertahankan agar hotel yang mereka kelola wajib dikunjungi tamu dan tetap dikenang? Berikut ulasan reporter Harian Jogja, Holy Kartika N.S.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….