News
Selasa, 2 Januari 2018 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 2 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasukan Sekutu melintasi Kota Nuremberg pada April 1945 setelah kota tersebut luluh lantak dibombardir pada 2 Januari 1945. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 2 Januari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 2 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Januari.

Advertisement

366
Pasukan Suku Alemanni dari wilayah Jerman melintasi Sungai Rhine yang membeku demi menginvasi wilayah Kekaisaran Romawi. Pada invasi tersebut, Suku Alemanni bertujuan untuk memperluas wilayah kekuasaan serta mencegah Kekaisaran Romawi menguasai kawasan kekuasaan suku-suku di Jerman bagian utara. Akibat invasi itu, pasukan Suku Alemanni terlibat banyak pertempuran dengan pasukan Kekaisaran Romawi hingga abad keenam.

1492
Pasukan pertahanan terakhir di wilayah Keamiran Granada secara resmi menyerah kepada pasukan Kerajaan Kastilia setelah wilayah Granada diserbu selama 10 tahun. Akibatnya, Keamiran Granada yang berdiri sejak 1238 runtuh dan dikuasai Kerajaan Kastilia.

Advertisement

1492
Pasukan pertahanan terakhir di wilayah Keamiran Granada secara resmi menyerah kepada pasukan Kerajaan Kastilia setelah wilayah Granada diserbu selama 10 tahun. Akibatnya, Keamiran Granada yang berdiri sejak 1238 runtuh dan dikuasai Kerajaan Kastilia.

1777
Pasukan Amerika Serikat (AS) pimpinan George Washington berhasil memukul mundur pasukan Inggris yang dipimpin Charles Cornwallis dalam Pertempuran Assunpink Creek di dekat Trenton, New Jersey. Salah satu satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan AS itu menelan sedikitnya 55 korban jiwa dari kubu Inggris dan tujuh korban jiwa dari pihak AS. Kekalahan itu juga membuat Inggris menarik pasukannya dari wilayah New Jersey.

1905
Pasukan Kekaisaran Jepang berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Rusia di Port Arthur, Tiongkok setelah meklakukan pengepungan selama lebih dari lima bulan. Hasil dari salah satu pengepungan di masa Perang Rusia-Jepang itu membuat Rusia harus menyerahkan wilayah Port Arthur kepada Jepang sekaligus menjadi tanda kekalahan Rusia pada perang tersebut.

Advertisement

1941
Pasukan Jerman menyerang wilayah Cardiff, Wales dan menyebabkan Katedral Llandaff rusak parah. Katedral itu kemudian segera diperbaiki namun tak sampai selesai sebelum akhirnya kembali diperbaiki pada 1942. Selain katedral yang rusak, serangan itu juga menewaskan 167 orang yang kebanyakan adalah warga sipil.

1942
Federal Bureau of Investigation (FBI) menahan 33 orang anggota jaringan mata-mata Jerman untuk Amerika Serikat (AS) yang dipimpin Fritz Joubert Duquesne. Peristiwa itu merupakan pengungkapan kasus mata-mata terbesar sepanjang sejarah AS.

1942
Pasukan Jepang berhasil menguasai ibu kota Filipina, Manila, untuk menguasai seluruh wilayah negara tersebut. Filipinan kemudian dikuasai Jepang hingga akhirnya baru merdeka pada 4 Juli 1946.

Advertisement

1945
Kota Nuremberg di Jerman dibombardir pasukan Sekutu melalui serangan udara demi melumpuhkan pasukan pertahanan Jerman. Beberapa bulan kemudian, pasukan Sekutu menginvasi Nuremberg dan memicu Pertempuran Nuremberg pada 16 April hingga 20 April 1945 dan berakhir dengan kemenangan Sekutu atas Jerman.

1963
Pasukan Vietnam Utara berhasil mengalahkan pasukan Vietnam Selatan dalam pertempuran di Ap Bac Hamlet, Provinsu Dinh Turong, Vitenam Selatan. Atas kemenangan itu pasukan Vietnam Utara berhasil merebut wilayah Ap Bac Hamlet dari Vietnam Selatan. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan terbesar pertama yang diraih pasukan Vietnam Utara selama Perang Vietnam.

Maximiliano Ruben Rodriguez. (Skysports.com)

Advertisement

1981
Maximiliano Ruben Rodriguez lahir di Rosario, Santa Fe, Argentina. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Liverpool, sejak 2010 sampai 2012. Setelah hengkang dari Liverpool, pria yang akrab disapa Maxi itu membela klub sepak bola di tanah kelahirannya, Newell’s Old Boys. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Januari
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 31 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 Desember

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif