Rich Chigga di single terbaru. (Istimewa/Youtube) Rich Chigga di single terbaru. (Istimewa/Youtube)
Selasa, 2 Januari 2018 12:10 WIB JIBI/Solopos.com/Antara Issue Share :

Brian Imanuel Lepas Nama Rich Chigga

Frasa “Chigga” dianggap mirip dengan sebutan slang kelompok kulit hitam atas satu sama lain, “Nigga”.

Solopos.com, NEW YORK – Rapper top Amerika Serikat asal Indonesia, Brian Imanuel, melepas nama panggung Rich Chigga yang telah membesarkan namanya dan kini hanya menggunakan nama panggung Brian.

Hal itu diumumkan Brian lewat akun media sosial Twitter dan Instagram pribadinya pada Selasa dini hari WIB.

Yes I now go by “Brian”. I have been planning to do this forever and I’m so happy to finally do it. I was naive & I made a mistake. new year, new beginning, happy new years™? “SEE ME” OUT NOW. LINK IN BIO.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Brian (@brianimanuel) pada

Ditengarai perubahan nama panggung itu dilakukan Brian menyusul tanggapan miring terutama di tengah komunitas kulit hitam berbahasa Inggris atas potongan nama “Chigga”. Frasa itu dianggap mirip dengan sebutan slang kelompok kulit hitam atas satu sama lain, “Nigga”. Hal itu tersirat dari pengumuman perubahan nama panggung yang menyisipkan kata “telah melakukan kesalahan”.

“Ya sekarang saya memakai nama ‘Brian’. Saya sudah merencanakannya sejak lama dan senang akhirnya melakukannya. Saya naif dan telah melakukan kesalahan. Tahun baru, awal baru, selamat tahun baru,” demikian tulis Brian dalam akun Twitter dan Instagram miliknya.

Selain mengumumkan nama panggung barunya, Brian juga membagikan tautan untuk single terbarunya See Me yang disediakan pada laman Youtube milik label yang menaunginya, 88rising. Single ini diperkirakan menjadi bagian dari album penuh perdananya Amen yang dijadwalkan rilis 2 Februari 2018.

Brian atau Rich Chigga meroket namanya sejak video musik Dat $tick viral di dunia maya pada 2016.

Paduan suara berat dan lirik berima tertata menjadi aspek penarik perhatian, meski dalam video tersebut Brian berdandan laiknya seorang nerd dengan kaos berkerah warna pink, celana pendek serta tas pinggang.

Sementara dandanan Brian mulai ditiru penyukanya, nama remaja kelahiran kelahiran 2 September 1999 itu kian mencuat dan mendapat berbagai tawaran kolaborasi dengan rapper lain yang tengah naik daun di dunia seperti XXXTentacion dan Keith Ape dalam nomor “Gospel”.

Ia juga dipercaya menggantikan Justin Bieber dalam nomor “Bankroll” berkolaborasi bersama Diplo, Young Thugg dan Rich The Kid, sebelum merilis “Glow Like Dat” dan memulai tur pertamanya di Amerika Serikat bertajuk “Come to My Party Tour” pada 9 September – 21 November 2017.

Brian bahkan kemudian berkolaborasi dengan 21 Savage, rapper yang memberikan komentar miring saat diminta bereaksi terhadap video Dat $tick pada awal kemunculan Brian.

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…