Menhub Budi Karya Sumadi memastikan kelancaran arus balik liburan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kota Pekalongan, Jateng, Minggu (31/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Kutnadi) Menhub Budi Karya Sumadi memastikan kelancaran arus balik liburan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kota Pekalongan, Jateng, Minggu (31/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Kutnadi)
Senin, 1 Januari 2018 10:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Menhub Pantau Langsung Arus Balik Natal dan Tahun Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau langsung arus balik liburan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Solopos.com, PEKALONGAN — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau langsung kesiapan fasilitas transportasi Jawa Tengah saat musim arus balik liburan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa. Ia optimistis perjalanan warga ke sisi barat Pulau Jawa akan berlangsung lancar.

“Kami berkunjung ke Pekalongan untuk memastikan arus balik lancar. Kita juga mengidentifikasi bahwa Pekalongan ada sedikit komplikasi, tetapi masih relatif lancar,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pekalongan, Jateng, Minggu (31/12/2017).

Sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Senin (1/1/2018), Budi Karya mengatakan kemenhub telah memberikan kewenangan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Direktorat Lalu lintas (Dirlantas) Polda Jateng untuk mengatur arus balik liburan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 itu, baik melalui jalan tol maupun jalur pantura.

Kendati demikian, imbuh dia, jika melihat kalkulasi arus balik kendaraan yang masih 20 persen maka pengaturannya cukup menggunakan jalan pantura dan belum perlu mengoperasikan jalan tol. “Skenarionya bisa contra flow dan jalan utamanya bisa satu arah dan lancar. Kami memperkirakan puncak arus balik Natal 2017 akan terjadi pada 1 Januari 2018,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Menhub Budi Karya Sumadi juga mengatakan sebagai upaya menghindari penumpukan kendaraan pada saat liburan akhir tahun dan arus balik liburan Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 maka sebaiknya kendaran angkutan berat tidak melintas di jalan raya. “Kami mengimbau pada kendaraan angkutan berat tidak melintas di jalan pantura Pekalongan mulai 1 Januari hingga 2 Januari 2018,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih mengapresiasi kedatangan Menteri Perhubungan yang turun langsung melihat situasi arus balik di jalan pantura Pekalongan. “Kami berharap setelah pantauan tersebut pengaturan lalu lintas bisa berjalan dengan baik sesuai dengan skenario agar jalan pantura tidak mengalami kemacetan yang parah,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….