Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan pertunjukan wayang di Desa Wisata Mangunan untuk mengapresiasi Desa Wisata Mangunan, Minggu (31/12/2017). (Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi) Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan pertunjukan wayang di Desa Wisata Mangunan untuk mengapresiasi Desa Wisata Mangunan, Minggu (31/12/2017). (Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi)
Senin, 1 Januari 2018 17:20 WIB Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Apresiasi Desa Wisata Mangunan, Dinas Pariwisata DIY Persembahkan Wayang Kulit

“Objek wisata di Mangunan sudah dapat banyak penghargaan pada 2017”

Solopos.com, BANTUL-Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan pertunjukan wayang di Desa Wisata Mangunan untuk mengapresiasi Desa Wisata Mangunan. Gelaran wayang lakon semar mbangun kayangan tersebut dibawakan Ki Seno Nugroho pukul 21.00 WIB sampai 04.30 WIB.

Pertunjukan wayang sudah dipadati warga Desa Mangunan sejak pukul 19.00 WIB. Mereka membanjiri sisi kanan dan kiri panggung untuk duduk beralaskan tikar. Lengkap dengan kacang rebus dan teh hangat di depan mereka.

Di antara kerumunan warga terlihat sekitar 10 orang mengenakan jaket hitam bertuliskan PWKS atau Paguyuban Penggemar Wayang Ki Seno Nugroho. Oman, salah satu warga Desa Mangunan yang mengenakan jaket tersebut berkata dirinya selalu mengikuti pertunjukan Ki Seno di mana pun dan kapan pun. Dia sangat senang Ki Seno tampil di Desa Mangunan.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Arya Nugrahadi mengatakan, selain untuk melestarikan budaya, pertunjukan wayang tersebut bertujuan untuk menghibur warga Mangunan. “Khususnya untuk kawan-kawan yang selalu semangat dan giat di sektor kepariwisataan. Alhamdulillah, objek wisata di Mangunan sudah dapat banyak penghargaan pada 2017,” ujar Arya, Minggu (31/12/2017).

Adapun penghargaan yang sudah diterima objek wisata Desa Mangunan antara lain Juara dua Surga Wisata Tersembunyi Paling Populer dan Juara tiga nasional untuk Kampung Wisata Tradisional. Arya, mengatakan di tahun 2018 Dinas Pariwisata DIY menargetkan agar Pasar Sebtu Minggu (Semi) di Desa Wisata Kaki Langit menjadi lebih baik. Agar dapat menjadi contoh bagi objek wisata lain yang baru saja merintis inovasi serupa. Arya yakin pada 2018, Desa Wisata Mangunan akan semakin maju.

Camat Dlingo Tri Tujiana mengaku sangat mengapresiasi upaya Dinas Pariwisata DIY, dia berharap di tahun 2018 Desa Wisata Mangunan akan semakin maju. “Harapannya homestay yang maju tidak hanya di Kaki Langit, tapi semua yang ada di wilayah Desa Wisata Mangunan, agar kesuksesannya lebih merata,” ujar Tri.

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….