Jogja
Minggu, 31 Desember 2017 - 04:20 WIB

Truk Derek Sleman Dukung Operasi Perparkiran

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Truk derek yang disiapkan oleh Dishub Sleman untuk menderek pelanggan parkir sudah berada di parkir Dishub Sleman, Jumat (29/12/2017). (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Kebutuhan truk derek penting karena banyak keluhan dari masyarakat terkait kendaraan yang parkir sembarangan

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman menyiapkan truk derek untuk mobil yang parkir sembarangan.Pengadaan truk derek tersebut untuk mendukung operasi perparkiran.

Advertisement

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sleman, Sulton Fathoni menjelaskan, Pengajuan truk derek tersebut sejatinya sudah diajukan sejak 2015 lalu. Namun, karena ada pertimbangan lain, pengadaannya baru dapat terealisasi tahun ini.

“Truk derek ini dibutuhkan untuk menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan. Sebab banyak mobil yang parkir sembarangan, tidak pada tempatnya.Kondisi itu yang menyebabkan kemacetan di jalanan,” jelas Sulton.

Terkait denda yang akan diberlakukan bagi kendaraan yang diderek nanti, Sulton mengatakan, semua sudah diatur dalam Perda. Baik kewajiban membayar denda pelanggaran ditambah biaya derek.

Advertisement

Baca juga : Sleman Siapkan Truk Derek Untuk Mobil yang Parkir Sembarangan

Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta menilai, kebutuhan truk tersebut penting karena banyak keluhan dari masyarakat terkait kendaraan yang parkir sembarangan. Untuk menertibkannya, selain mekanisme gembok petugas bisa menderek kendaraan tersebut.

“Badan jalan nasional selama ini dilarang untuk lokasi parkir kendaraan sesuai diatur dalam UU 22/2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan. Kalau ada yang parkir sembarangan bisa menimbulkan masalah lalulintas, baik kemacetan maupun kecelakaan. Sesuai UU tersebut, hanya jalan desa dan kabupaten saja yang boleh dijadikan tempat parkir,” paparnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif