Teknologi
Jumat, 29 Desember 2017 - 20:10 WIB

Bikin Iphone Lawas Lemot, Apple Akhirnya Minta Maaf

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Iphone 6 (Cnet.com)

Apple akhirnya meminta maaf kepada pengguna karena membuat Iphone lawas lemot.

Solopos.com, SOLO – Apple akhirnya meminta maaf kepada pengguna Iphone versi lawas. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut mengakui telah memperlambat kinerja ponsel pintarnya.

Advertisement

Pengguna mengeluhkan pelambatan Iphone mereka setelah mendapatkan update IOS. Rupanya hal ini disengaja oleh Apple demi mempertahankan daya baterai untuk mencegah Iphone mati.

“Kami mengerti beberapa kalangan merasa Apple mengecewakan. Kami mohon maaf,” kata Apple.

Dalam posting-annya itu Apple mengatakan baterai merupakan “komponen yang habis pakai”. Oleh karenanya Apple menawarkan siapapun pengguna Iphone 6 atau Iphone yang lebih baru mengganti baterainya seharga US$29 setara Rp393.000 mulai akhir Desember 2017 hingga Januari 2018. Harga tersebut telah dipangkas oleh Apple untuk pelanggannya. Baca juga: Sengaja Perlambat Kinerja Iphone Lawas, Apple Dituntut

Advertisement

Dilansir Okezone dari The Verge, Jumat (29/12/2017), Apple menjanjikan menambah fitur ke IOS yang memberikan informasi lebih lanjut terkait kondisi baterai pada awal 2018. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengetahui kapan baterai mereka tidak mampu lagi mendukung performa Iphone secara optimal.

Keputusan ini terbilang signifikan untuk Apple. Pasalnya pada awal tahun Apple mengatakan pengguna tak perlu mengganti baterai mereka. Baca juga: Iphone Keluaran Lama Melambat? Ternyata Ini Alasannya

Keputusan Apple yang sengaja membuat iPhone lemot juga mengantarkan perusahaan pada gugatan hukum. Namun Apple bersikeras mengatakan bahwa keputusannya bukan untuk membuat Iphone lemot, melainkan untuk mengelola kinerja smartphone demi memaksimalkan usia baterai.

Advertisement

“Satu-satunya tujuan dari fitur ini adalah mencegah shutdown yang tidak terduga sehingga Iphone tetap bisa digunakan,” kata Apple beberapa waktu lalu.

Menurut Apple, Iphone dengan baterai lawas bisa lebih agresif membuat layar redup, memiliki volume maksimum yang rendah, bahkan membuat kamera berkedip. Meski begitu fitur utama lainnya seperti radio cell, GPS, dan kualitas kamera, tidak terpengaruh.

Advertisement
Kata Kunci : Apple Ios Iphone
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif