Kapolres Bantul Imam Kabut menyampaikan laporan selama 2017, Kamis (28/12/2017). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja) Kapolres Bantul Imam Kabut menyampaikan laporan selama 2017, Kamis (28/12/2017). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 28 Desember 2017 14:55 WIB Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

KRIMINAL BANTUL
Waspadalah, Pencuri Paling Senang Mengincar Sepeda Motor Matic

Polres Bantul melaporkan pencurian sepeda motor (curanmor) mengalami kenaikan laporan dibanding tahun lalu yaitu sebanyak 11 kasus.

Solopos.com, BANTUL – Menjelang pergantian tahun, Polres Bantul mengalami penurunan aduan kasus sebesar 7% dibanding tahun lalu atau setara dengan 56 kasus.

Dalam seluruh laporan kasus yang diterima Polres Bantul pada tahun 2017, pencurian sepeda motor (curanmor) mengalami kenaikan laporan tertinggi dibanding tahun lalu yaitu sebanyak 11 kasus.

“Di dalam kasus curanmor, motor yang paling banyak dicuri adalah skutermatik, sebanyak 70 laporan,” ujar Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi kepada wartawan, Kamis (28/12/2017).

Peringkat tersebut disusul oleh sepeda motor bebek sebanyak 26 laporan dan sepeda motor sport sebanyak 19 laporan. Jumlah laporan kasus curanmor yang tinggi sepanjang 2017 mayoritas disebabkan oleh kelalaian pemilik kendaraan. Seperti pintu garasi yang lupa dikunci atau kendaraan yang tidak dikunci.

Namun Imam mengatakan modus pelaku saat ini semakin canggih, mayoritas pelaku melancarkan aksinya menggunakan kunci palsu yaitu sebanyak 154 kasus.

Pelaku curanmor paling banyak beraksi pada pukul 04.00 WIB sampai 06.00 WIB ketika masyarakat mulai bekerja. Saat-saat seperti itu, kata dia, adalah saat masyarakat paling sering lalai.

“Terutama di daerah pertokoan yang terletak di kampung [paling rawan]. Kami imbau masyarakat agar lebih berhati-hati,” ujar Imam. Sementara untuk kecamatan yang paling rawan oleh tindak kejahatan adalah Banguntapan.

Pada tahun 2017, Polres Bantul mendapat 108 laporan dari Polsek Banguntapan. Sementara kecamatan yang dinilai paling aman sepanjang 2017 adalah Dlingo sebanyak 5 laporan.

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU REJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…