Jateng
Rabu, 27 Desember 2017 - 16:50 WIB

NATAL DAN TAHUN BARU : Puncak Arus Balik, Lalu Lintas Keluar Semarang Lancar

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Situasi lalu lintas arah Mangkang-Kaliwungu, Kota Semarang, Selasa (26/12/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, musim liburannya diwarnai lonjakan volume kendaraan di Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Arus lalu lintas keluar Kota Semarang di wilayah Mangkang terpantau ramai lancar saat puncak arus balik libur Natal atau Selasa (26/12/2017) malam.

Advertisement

Pantauan Semarangpos.com, di jalur Mangkang, Kota Semarang, kendaraan dari Semarang menuju Jakarta mengalami peningkatan volume dibanding hari biasa. Meski demikian, kondisi itu tidak membuat arus lalu lintas macet maupun tersendat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, M. Khadik, menyebutkan puncak arus balik Natal 2017 telah terjadi sejak Senin (25/12/2017). Hal itu terlihat dari banyaknya kendaraan berpelat luar Kota Semarang sudah meninggalkan ibu kota Jawa Tengah (Jateng) itu.

“Sebagian kendaraan berpelat luar kota sudah mulai meninggalkan Kota Semarang. Untuk yang arah ke barat [Kendal, Jakarta] memang paling banyak dan relatif lancar,” ujar Khadik saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa.

Advertisement

Khadik menyebutkan kendaraan yang paling banyak lewat pada arus balik Natal 2017 berasal dari Jakarta, Bandung, serta Karawang. Meski demikian, masih ada beberapa kendaraan dari luar kota yang berada di Semarang.

Khadik memperkirakan kendaraan luar kota itu akan memadati sejumlah objek wisata di Kota Semarang, seperti pusat perbelanjaan, Goa Kreo, Lawang Sewu, dan lain-lain.

“Mungkin kendaraan luar kota itu masih akan memadati pusat-pusat keramaian hingga Tahun Baru nanti,” tutur Khadik.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Unit Lalu Lintas (Kanitlantas) Polsek Tugu, AKP Joko Hendro, menyebutkan arus balik kendaraan ke arah barat Kota Semarang sudah berangsur menuru pada Selasa malam. Meski ramai, tak terpantau adanya kemacetan sepanjang Jalan Raya Mangkang-Kaliwungu.

“[Arus lalu lintas] relatif lancar. Tapi, tahun ini arus mudik dan balik Natal serta Tahun Baru diperkirakan lebih rama dibanding tahun lalu. Tahun lalu, enggak ada posko di sini [Terminal Mangkang], sekarang ada,” ujar Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif