Soloraya
Senin, 25 Desember 2017 - 19:35 WIB

Tokoh Solo Sumartono Hadinoto Terima Penghargaan Perdamaian PBB

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sumartono Hadinoto (Dok. SOLOPOS)

Tokoh asal Solo, Sumartono Hadinoto, mendapat penghargaan perdamaian dari PBB.

Solopos.com, SOLO — Tokoh masyarakat Solo, Sumartono Hadinoto, akan menerima penghargaan di bidang perdamaian dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 7-8 Maret 2018. Penghargaan untuk kategori Advokasi dan Keterlibatan dalam Kebijakan Publik tersebut akan diserahkan di Seoul, Korea Selatan.

Advertisement

Sumartono mengatakan dari 25 negara, ia merupakan salah satu yang mendapatkan penghargaan perdamaian dari PBB. Hal ini dikarenakan peran aktifnya dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, termasuk kebencanaan.

Segudang aktivitas sosial tersebut membuat Sumartono meraih medali penghargaan untuk perdamaian dari PBB. “Beberapa bulan lalu perwakilan dari Global Interfaith [organisasi binaan PBB] mengontak dan berbincang dengan saya. Ternyata saya dikabari lagi akan menerima penghargaan dari PBB,” kata dia ketika berbincang dengan wartawan di sela-sela menghadiri open house Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung, Senin (25/12/2017).

Sejumlah yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan telah dirintis dan dipimpinnya selama ini seperti Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Solo, Paguyuban Masyarakat Solo, Solo Emergency Response Unit (Seru), yayasan tunanetra, panti asuhan, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), Lions Club Solo Bengawan (LCSB), dan beberapa yayasan sosial lain.

Advertisement

Keterlibatan Sumartono secara aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan di Solo telah menjadikan pria kelahiran Solo, 21 Maret 1956, ini sebagai sosok inspiratif bagi masyarakat Solo, bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain pejuang kemanusiaan, Sumartono Hadinoto juga berkecimpung di dunia bisnis.

“Saya sangat bersyukur akan memperoleh penghargaan itu,” katanya.

Bagi Sumartono penghargaan tersebut adalah imotivasi bagi pribadinya maupun semua pihak yang mau berbagi. “Yang saya selalu tanamkan adalah berbagi dengan siapa saja. Dengan begitu hidup lebih bermanfaat,” katanya.

Advertisement

Sumartono mengatakan penghargaan ini akan dipersembahkan untuk Kota Solo dan tentu bangsa Indonesia. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengaku bangga ada warga Kota Bengawan yang mendapat penghargaan dari PBB.

“Kami sangat bangga dengan memiliki tokoh masyarakat seperti Pak Martono. Beliau memang sangat konsen sekali dalam bidang sosial kemanusiaan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif