Foto
Minggu, 24 Desember 2017 - 16:50 WIB

FOTO NATAL 2017 : Arus Kendaraan Tak Seimbang…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ratusan kendaraan terjebak kemacetan di Jl. dr. Djunjunan, Bandung, Jabar, Jumat (22/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Raisan Al Farisi)

Natal 2017 membuat arus kendaraan tak seimbang.

Arus kendaraan bermotor tersendat di ruas jalan tol Jatingaleh-Tembalang Km. 11, Semarang, Jateng, Jumat (22/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Advertisement

Libur Hari Natal 2017 yang berlanjut dengan long week end Tahun Baru 2018 membuat arus kendaraan bermotor di jalur-jalur jalan tertentu Pulau Jawa tak seimbang. Satu jalur tampak padat, sebaliknya jalur lainnya jauh lebih lengang. Bahkan, arus kendaraan bermotor di ruas jalan tol Jatingaleh-Tembalang Km. 11, Semarang, Jawa Tengah (Jateng) telah tampak tersendat sejak Jumat (22/12/2017).

Antrean kendaraan menuju Jakarta menumpuk di pintu jalan tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jabar, Sabtu (23/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Dedhez Anggara)

Namun di pintu jalan tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (23/12/2017), arus kendaraan dari dan ke Jakarta tampak hampir sama padatnya. Hari Natal 2017 yang jatuh pada hari Senin rupanya memicu warga yang tak merayakan hari kelahiran Yesus Kristus itu untuk berlibur di luar daerah, sehingga jalanan bukan hanya dipadati warga kristiani yang hendak mudik ke kampung halaman mereka.

Advertisement

Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di gerbang keluar tol Pasteur, Bandung, Jabar, Sabtu (23/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Raisan Al Farisi)

Bukan hanya di pintu jalan tol, setelah keluar dari jalan tol Brebes menuju Semarang, Sabtu malam, arus kendaraan pemudik Hari Natal 2017 juga tersendat akibat padatnya kendaraan sehingga kemacetan panjang pun terjadi dari Tegal menuju Pekalongan, Jateng. Kantor Berita Antara menengarai kemacetan itu dipicu kerapnya kendaraan yang tengah menuju arah timur Pulau Jawa keluar masuk area masjid dan rumah makan. Menjelang dan di Pekalongan, kemacetan lebih disebabkan oleh dekatnya antara satu lampu merah dengan lainnya.

Ratusan kendaraan terjebak kemacetan di Jl. dr. Djunjunan, Bandung, Jabar, Jumat (22/12/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Raisan Al Farisi)

Advertisement

Demi mengurangi kepadatan kendaraan di jalur jalan utama, polisi pun menyarankan kendaraan pribadi menempuh jalan alternatif. Sementara itu, di pintu jalan tol Palimanan Cirebon, Jawa Barat, Minggu (24/12/2017), 16 gardu dibuka sekaligus untuk mengantisipasi adanya antrean kendaraan yang akan keluar menuju sisi timur Pulau Jawa. Padahal, dari arah sebaliknya, empat gardu tol tidak menimbulkan antrean kendaraan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif