Jogja
Minggu, 24 Desember 2017 - 04:20 WIB

LIBUR AKHIR TAHUN : Seperti Ini Kehebatan 2 Anjing Pelacak yang Amankan Stasiun Tugu

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Unit Satwa Direktorat Sabhara Polda DIY sedang melakukan pengamanan dengan anjing lepacak di Stasiun Tugu Jogja, Sabtu (23/12/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Dua anjing pelacak diterjunkan untuk pengamanan di Stasiun Tugu Jogja selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
Harianjogja.com, JOGJA– Dua anjing pelacak diterjunkan untuk pengamanan di Stasiun Tugu Jogja selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Kepala Unit Satwa Direktorat Sabhara Polda DIY, AKP Adi Purnomo mengatakan kemampuan anjing pelacak tersebut adalah melacak bahan peledak dan narkotika dalam jarak sampai satu kilometer, “Tergantung arah anginnya,” kata Adi, di Stasiun Tugu, Sabtu (23/12/2017).

Advertisement

Dua anjing yang dikerahkan di Stasiun Tugu memiliki kemampuan berbeda. Artinya satu anjing khusus melacak bahan peledak dan satu lainnya mendeteksi narkoba. Sebab, satu anjing tidak bisa mendeteksi dalam banyak obyek, karena disesuaikan dengan pelatihan dari awal.

Pelatihan kedu anjing jenis Belgian atau ras Belanda itu membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Anjing pelacak bahan peledak dinamakan Flash dan anjing pelacak narkotika bernama Dino. Keduanya berusia sekitar 4-5 tahun dengan berat 45-50 kilogram per ekor.

Kedua ekor anjing pelacak itu bagian dari 13 ekor anjing yang dimiliki Polda DIY. Setiap anjing memiliki kemampuan berbeda dalam pelacakan melalui penciumannya, mulai dari melacak bahan peledak, narkotika, kriminal, pencari mayat jika terjadi bencana, serta kemampuan menghalau massa yang biasanya diajak saat terjadi demonstrasi.

Advertisement

“Khusus anjing yang disiagakan untuk melacak bahan peledak ia akan memberi tanda dengan menggonggong, sementara untuk narkotika ditandai dengan menggaruk-garuk,” papar Adi, yang juga dokter hewan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif