Bus melanggar arus lalu lintas di Gilingan, Banjarsari, Solo, berhadapan dengan kendaraan Brimob. (Instagram) Bus melanggar arus lalu lintas di Gilingan, Banjarsari, Solo, berhadapan dengan kendaraan Brimob. (Instagram)
Minggu, 24 Desember 2017 21:35 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Internet Share :

Bus-Bus Berulah di Jalanan Solo Sampai Diadang Brimob Jadi Gunjingan Warganet

Beberapa video amatir merekam aksi melanggar aturan yang dilakukan bus antarkota antarprovinsi di Solo.

Solopos.com, SOLO – Memasuki musim liburan Hari Natal dan Tahun Baru 2018 jalanan Kota Solo dipenuhi pengendara kendaraan bermotor, bahkan tak jarang macet di beberapa lokasi. Beberapa hari terakhir kemacetan tersebut diperparah aksi sopir bus melanggar rambu dan tak memperhatikan kondisi jalan.

Kasus pertama yang viral belum lama ini adalah video Bus Eka jurusan Semarang-Solo kedapatan melawan arus di daerah Gembongan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Video itu diunggah pengguna akun Destyan Basic di grup Facebook Info Cegatan Solo dan Sekitarnya (ICS), Kamis (21/12/2017).

Tampak Bus Eka yang melawan arus menyebabkan kemacetan. Mobil yang berani dan tak mau mengalah dengan bus tersebut membuat sopir bus harus meminggirkan bus. Di pinggir jalan ada seorang pria yang memaki-maki sopir bus.

Belum lama setelah video itu viral, Minggu (24/12/2017), akun Instagram @ics_infocegatansolo, mengunggah dua video kemacetan yang disebabkan sopir bus kurang perhatian dan nekat melawan arus. Video pertama bus melawan arus di daerah Ngemplak, Gilingan, Banjarsari, Solo.

Peristiwa terjadi kurang lebih pukul 15.02 Wib. Bus tersebut apes karena melawan arus dan berpapasan dengan mobil Brigade Mobil (Brimob). Dalam video amatir itu tampak polisi keluar dari mobil Brimob yang berhadapan dengan mobil, tapi tidak diketahui nasib sopir bus setelah itu.

Tak lama berselang setelah diunggahnya video bus melawan arus berpapasan dengan Brimob, diunggah video yang menampilkan bus pariwisata masuk gang kecil. Dalam caption diinformasikan peristiwa itu terjadi di sebuah gang dekat Solo Paragon Mall.

“Bus belok  ke gang tanpa memperhatikan gapuro. Membuat kemacetan jalan dekat Paragon,” tulis @ics_infocegatansolo.

Dalam video pendek tampak bus yang separuh bodinya masuk ke gang namun separuh sisanya masih di jalan raya. Tampak juga warga berkerumun di sekitar bus. Kemacetan lalu lintas yang disebabkan sopir bus tak menaati peraturan itu sontak mengundang kecaman warganet.

“Bus meneh bus meneh,” tulis @yosuda_gustaf_aditya.

“Semakin hari semakin banyak sopir bus ngawur,” tulis @faafaasyaan.

“Akhir-akhir ini di berita sering bus membuar onar. Lawan arus lah, masuk gang tanpa melihat jalanya. Tolong ditindak tegas,” tulis @tio_nugros_mustafa.

lowongan pekerjaan
HRD PT. Bengawan Inti Kharisma (Management SOLO GRAND MALL Lt. 4A), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Ada Kabar Hoaks Apa Hari Ini?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (04/01/2018). Esai ini karya Yessita Dewi, penulis cerita pendek dan aktif di Buletin Sastra Pawon. Alamat e-mail penulis adalah yessitadewi@gmail.com. Solopos.com, SOLO—Tung! Tung! Tung! Notifikasi telepon pintar saya berbunyi. Fungsinya sama dengan kentungan,…