News
Sabtu, 23 Desember 2017 - 15:40 WIB

Gunung Agung Meletus Lagi, Semburkan Asap Setinggi 2.500 Meter

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Asap dan abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Agung di Desa Datah, Karangasem, Bali, Senin (27/11/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Nyoman Budhiana).

Gunung Agung kembali meletus dengan menyemburkan asap setinggi 2.500 meter dari kawah.

Solopos.com, KARANGASEM — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali meletus, Sabtu (23/12/2017). Gunung itu menyemburkan asap berwarna kelabu dengan ketinggian mencapai sekitar 2.500 meter dari puncak kawah.

Advertisement

Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana di Pos Pengamatan Gunung Agung, Karangasem, Sabtu, menjelaskan erupsi terjadi sekitar pukul 11.57 Wita.

Dia menjelaskan asap tebal bercampur abu gunung itu mengarah condong ke timur laut mengikuti arah angin yang bertiup lemah hingga sedang ke arah timur laut dan timur.

Ketinggian kolom asap dari erupsi gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu bahkan dapat dilihat dari Posko Utama Tanah Ampo yang berjarak sekitar 22 kilometer.

Advertisement

PVMBG mencatat selama periode laporan enam jam sekali dari pukul 06.00 – 12.00 Wita, gunung yang disucikan umat Hindu itu masih memiliki aktivitas vulkanik.

Gunung Agung tercatat mengalami sekali letusan dengan amplitudo 26 milimeter berdurasi 120 detik, tiga kali hembusan, gempa rendah sebanyak empat kali dan vulkanik dangkal sebanyak tiga kali.

Mengingat masih ada aktivitas vulkanik yang di dalam tubuh gunung dan status awas atau level IV, PVMBG mengingatkan masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius 8-10 kilometer dari kawah gunung. Di luar radius tersebut, aktivitas dapat berjalan normal dan masih tetap aman.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Gunung Agung
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif