Jogja
Sabtu, 23 Desember 2017 - 00:20 WIB

Banyak Lowongan Kerja Dianggurkan di Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan kerja (JIBI/Solopos/Dok)

Ada beragam alasan yang menyebabkan layanan penempatan kerja belum optimal

Harianjogja.com, KULONPROGO-Capaian layanan penempatan kerja diakui belum maksimal oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulonprogo. Hingga akhir November, lebih dari 5.000 lowongan kerja tidak diambil para pencari kerja.

Advertisement

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kulonprogo, Susilo mengatakan, jumlah lowongan pekerjaan yang berdatangan sejak awal 2017 mencapai 7.908 posisi. Angka itu jauh lebih banyak dibanding jumlah mereka yang terdaftar dalam kartu pencari kerja, yaitu sebanyak 3.246 orang.

Idealnya, semua pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan dari berbagai lowongan yang ada. Namun, kenyataannya hanya sekitar 68,11% yang tersalurkan. “Sampai akhir November, capaian layanan penempatan kerja menjangkau 2.211 orang, baik itu Antar Kerja Lokal [AKL], Antar Kerja Antar Daerah [AKAD], maupun Antar Kerja Antar Negara [AKAN],” kata Susilo kepada Harian Jogja, Jumat (22/12/2017).

Menurut Susilo, ada beragam alasan yang menyebabkan layanan penempatan kerja belum optimal. Para pencari kerja kerap terganjal kompetensi yang tidak sesuai dengan permintaan perusahaan pengguna. Ada juga yang memang sengaja menunggu ada lowongan pekerjaan dari perusahaan atau daerah tertentu sehingga cenderung mengabaikan lowongan lain.

Advertisement

Di sisi lain, lowongan pekerjaan yang ada terkadang hanya menetapkan masa pendaftaran yang sangat singkat. Beberapa di antaranya bahkan memulai seleksi tiga hari setelah lowongan diumumkan. Akibatnya, banyak pencari kerja yang ketinggalan informasi.

Susilo berharap semakin banyak masyarakat mengakses layanan penempatan kerja yang difasilitasi Dinsosnakertrans Kulonprogo, baik dengan datang langsung ke kantor maupun melalui media daring. Selain lowongan pekerjaan, mereka bisa mencari tahu informasi seputar mekanisme dan persyaratan yang perlu disiapkan. Timnya juga melayani konsultasi dan bimbingan karir.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif