Jogja
Jumat, 22 Desember 2017 - 18:40 WIB

Ini Senjata Teknologi Informasi Pemkot Jogja untuk Atasi Kemacetan

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pemkot Jogja menggandeng sejumlah perusahaan telekomunikasi untuk mengantisipasi kemacetan.

Harianjogja.com, JOGJA–Pemerintah Kota Jogja menggandeng sejumlah perusahaan telekomunikasi untuk menyebar pesan singkat atau SMS Blast. Pesan tersebut berisi informasi titik kepadatan lalu lintas dan jalur alternatif yang bisa dilalui bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Jogja selama libur Natal dan Tahun Baru.

Advertisement

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian, Kota Jogja, Tri Hastono mengatakan libur Natal dan Tahun Baru ini dipastikan wisatawan yang berlibur ke Kota Jogja lebih ramai karena bertepatan dengan libur sekolah. Kepadatan lalu lintas tidak bisa dihindari.

Untuk menjaga kenyamanan wisatawan agar tidak terjebak dalam kemacetan di jalur-jalur utama,perlu diarahkan melalui jalur alternatif, terutama bagi pengendara yang tidak berkepentingan melintas dalam kota. “Jalur alternatif ini nanti akan diinformasikan melalui SMS Blast sebelum masuk perbatasan kota,” kata Tri Hastono, Jumat (22/12/2017).

Isi pesan tersebut sepenuhnya dari Pemerintah Kota yang bertanggung jawab. Namun SMS Blast itu tidak akan setiap saat dikirim, melainkan sesuai kondisi lalu lintas dalam kota. “Kalau situasi sudah cukup padat aja,” kata Tri Hastono.

Advertisement

Selain informasi kepadatan lalu lintas, wisatawan juga akan mendapat pesan terkait kantong-kantong parkir yang masih bisa digunakan .

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif