Jogja
Kamis, 21 Desember 2017 - 13:55 WIB

KPR Ikut Menyokong Pertumbuhan Kredit DIY

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan (Rachman/JIBI/Bisnis)

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memberi andil dalam pertumbuhan kredit di DIY secara umum

Harianjogja.com, JOGJA-Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memberi andil dalam pertumbuhan kredit di DIY secara umum. Pada triwulan III 2017, KPR mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Advertisement

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY, Budi Hanoto menyampaikan, pada triwulan III 2017, KPR tumbuh meningkat menjadi 10,03% (yoy) dari 8,48% pada triwulan sebelumnya. “Peningkatan terutama terjadi pada rumah di atas tipe 70 dengan peningkatan pertumbuhan 7,16 persen pada triwulan III dibandingkan 4,01 persen pada triwulan II 2017,” kata Budi, Rabu (20/12/2017).

Peningkatan pertumbuhan KPR tersebut menurut Budi disebabkan masih tingginya minat masyarakat terutama dari luar kota untuk memiliki hunian di Jogja. “Menurut beberapa pelaku usaha properti, pertumbuhan KPR juga disebabkan karena suku bunga KPR yang cenderung menurun,” lanjut Budi.

Sementara itu, peningkatan pembayaran hunian melalui KPR justru tidak dirasakan properti Citra Grand Mutiara. General Manager Citra Grand Mutiara, Yuliarso Christiono mengatakan, sebagian besar pembayaran dilakukan secara tunai.

Advertisement

“Terutama untuk produk yang satu dua miliar langsung cash. Orang ekonomi menengah atas sudah ada duit jadi kenapa harus pakai bank,” katanya ditemui di lokasi pameran properti di Atrium Plaza Ambarrukmo, Rabu kemarin.

Secara umum, ia menegaskan bahwa hingga menjelang akhir 2017, bisnis properti di Citra Grand Mutiara mencatatkan pertumbuhan yang baik. Kendati pertumbuhan ekonomi sedang tidak stabil, tetapi sektor perumahan mampu tumbuh positif. “Kalau lihat secara keseluruhan pertumbuhannya lebih dari 10 persen. Ini saja belum sampai akhir tahun. Anginnya mulai segar, apalagi Jogja ini masih bagus,” katanya.

Saat ini, unit hunian yang masih tersisa di Citra Grand Mutiara adalah tipe premium yang dijual di atas Rp2 miliar. Menurutnya, akhir tahun menjadi peluang bagi perusahaan properti untuk meningkatkan penjualannya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif