Jogja
Rabu, 20 Desember 2017 - 20:40 WIB

Pemakaian Data Internet di Akhir Tahun Bakal Semakin Rakus

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - GM ICT Operation Region Jawa Tengah and DIY Telkomsel, Iswandi memonitor BTS Telkomsel guna mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru.(Ist)

Layanan data diprediksi melonjak 158%.

Harianjogja.com, JOGJA–Menghadapi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada masa Natal dan Tahun Baru, Telkomsel memperkuat seluruh elemen jaringan. Terutama di wilayah Jawa Tengah dan DIY, Telkomsel akan mengerahkan 22 unit compact mobile base station atau mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Advertisement

Telkomsel juga akan melakukan optimalisasi jaringan di 74 titik yang diprediksi berada di pusat keramaian publik pada periode Natal dan Tahun Baru. Di antaranya seperti mal, dan pusat perbelanjaan, objek wisata, bandara, terminal hingga stasiun.

Di wilayah Jogja seperti Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Pengoptimalan juga dilakukan untuk jaringan 4G dan 3G yang diperkirakan akan mengalami kenaikan penggunaan layanan data selama Natal dan Tahun Baru ini mencapai 158%.

GM ICT Operation Region Jateng dan DIY Telkomsel, Iswandi mengatakan peningkatan dan pengoptimalan jaringan ini dilakukan untuk menjamin kenyaman pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi, terutama di malam pergantian. Telkomsel telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima.

Advertisement

“Bahkan, pada kondisi trafik paling padat sekalipun. Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkat,” ujar Iswandi dalam rilisnya kepada Harianjogja.com, Rabu (20/12/2017).

Iswandi mengungkapkan pada puncak  periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 52% dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial. Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 9% pada periode tersebut. Trafik layanan suara diperkirakan naik sekitar 2% dibandingkan hari normal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif