Jogja
Rabu, 20 Desember 2017 - 18:40 WIB

Kejar PAD, Tarif Parkir di Gunungkidul Bakal Dinaikkan

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang juru parkir sedang mengatur kendaraan yang akan parkir di Jalan Sumarwi, Kecamatan Wonosari, Kamis (20/12/2017) (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Tarif parkir saat ini dinilai terlalu rendah.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul berencana menaikkan tarif parkir baik untuk mobil maupun sepeda motor. Tarif yang selama ini berlaku dinilai masih terlalu rendah sehingga tidak membawa kontribusi yang signifikan bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Advertisement

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunungkidul, Supartono mengatakan penyesuaian tarif parkir memang sudah seharusnya perlu dilakukan. Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Gunungkidul No 11/2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum, tarif parkir yang saat ini berlaku untuk kendaraan roda dua adalah Rp500. Tarif tersebut dinilainya terlalu rendah dan perlu untuk adanya penyesuaiaan.

“Kami akan tindaklanjuti penyesuaian tarif parkir dengan Peraturan Bupati (Perbub). Dan sekarang Perbubnya baru dimusyarawahkan, entah nanti dinaikkan menjadi Rp1.000 atau Rp2.000 [tarif parkir motor],” kata dia kepada wartawan, Rabu (20/12/2017).

Kenaikkan tarif parkir menurutnya memang sudah saatnya untuk dilakukan. Pasalnya sejak 2011 belum ada kenaikkan tarif sama sekali. Dan imbasnya kontribusi retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah (PAD) masih sangat minim.

Advertisement

“Setiap tahunnya pendapatan dari parkir minim sekali. Tidak sampai Rp1 miliar, makanya sudah saatnya untuk dilakukan penyesuaian tarif,” ujar Supartono.

Dia pun berharap adanya kenaikkan tarif mampu menambah PAD yang selama ini masih sangat rendah. Dengan begitu ketergantungan terhadap anggaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah DIY semakin berkurang.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif