Jogja
Selasa, 19 Desember 2017 - 14:20 WIB

Liburan Akhir Tahun Diharapkan Dongkrak PAD Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah perahu nelayan menepi ke Pantai Glagah di wilayah Temon, Kulonprogo, beberapa waktu lalu. Kawasan Pantai Glagah masih menjadi objek wisata andalan Kulonprogo. (Harian Jogja/Rima Sekarani I.N)

Kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD 2017 ditargetkan sebesar Rp3,588 miliar

Harianjogja.com, KULONPROGO-Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata tercatat mencapai 92,69%. Libur panjang akhir tahun diharapkan mendongkrak penerimaan retribusi wisata.

Advertisement

Kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD 2017 ditargetkan sebesar Rp3,588 miliar. Namun, hingga memasuki pekan ketiga Desember, realisasinya masih kurang Rp262,439 juta. “Capaiannya sudah Rp3,3 miliar lebih. Mudah-mudahan targetnya tetap bisa tercapai,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo Krissutanto, Senin (18/12/2017).

Krissutanto memaparkan, kondisi cuaca yang tidak bersahabat selama beberapa waktu terakhir memang berpengaruh signifikan terhadap angka kunjungan wisata. Pasalnya, hampir semua objek wisata di Kulonprogo menonjolkan keindahan pemandangan alam dan aktivitas luar ruangan, mulai dari kawasan pesisir selatan hingga perbukitan menoreh.

Meski begitu, Krissutanto mencoba tetap optimistis. Masa libur sekolah serta momen Natal dan tahun baru yang jatuh berbarengan pada akhir bulan ini diharapkan berpengaruh positif terhadap capaian PAD 2017. “Harapannya juga kita tidak kena cuaca ekstrem sehingga angka kunjungan wisata bisa optimal,” ujar Krissutanto.

Advertisement

Krissutanto menyatakan, instansinya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menghadapi libur panjang akhir tahun. “Untuk kesiapan pengamanan, hiburan, dan kewaspadaan terhadap ancaman potensi bencana di obyek wisata akan dimantapkan lagi besok,” ucap dia.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kulonprogo Hudi Priyanti mengatakan, angka kunjungan wisata dipastikan meningkat signifikan pada libur panjang akhir tahun ini. Ada tiga objek wisata yang diperkirakan paling ramai dikunjungi, yaitu Pantai Glagah dan Hutan Mangrove di Temon serta Kalibiru di Kokap.

Hudi membenarkan mengenai telah dilakukannya koordinasi dengan berbagai pihak terkait kesiapan menghadapi liburan akhir tahun. “Koordinasinya antara lain dengan pelaku, pengelola, Dishub [Dinas Perhubungan], dan petugas keamanan dari kepolisian. Kita buat rekayasa lalu lintas, terutama untuk mengatur lalu lintas di jalan keluar masuk obyek wisata,” kata dia.

Advertisement

Hudi menambahkan, Dinas Pariwisata Kulonprogo kali ini memusatkan acara perayaan pergantian tahun di kawasan wisata Pantai Glagah. Pihaknya menyiapkan pertunjukan seni tradisional jatilan dan pesta kembang api.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif