Jogja
Senin, 18 Desember 2017 - 20:55 WIB

Sudah Ditunggu, Kapan Pelabuhan Tanjung Adikarto Dibangun?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Muara Sungai Serang, lokasi pengerukan kolam Pelabuhan Tanjung Adikarta. (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Pemecah ombak di sebelah timur Pelabuhan Tanjung Adikarto diharapkan bisa segera dibangun oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta

 
Harianjogja.com, KULONPROGO-Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Prabowo Sugondo berharap, pemecah ombak di sebelah timur Pelabuhan Tanjung Adikarto bisa segera dibangun oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement

Ia menyebutkan, setelah pemecah ombak dibangun, maka kapal nelayan bisa mendarat di pelabuhan, sehingga pecahan gelombang laut tidak berada di muara Sungai Serang. Menurut dia, apabila pemecah gelombang berada di muara sungai, maka akan membahayakan perahu dan nelayan.

Ditanyai soal pendangkalan sungai Serang yang diduga menjadi kendala perahu mendarat, Sugondo memandangnya sebagai hal yang wajar.

Karena selama ini, pendangkalan alur pelayaran tidak berasal dari utara Sungai Serang, melainkan dari laut dan hanya terjadi pada musim-musim tertentu. Pendangkalan bisa diminimalisasi dengan perpanjangan pemecah ombak di sisi timur.

Advertisement

“Pernah ada kapal besar yang mau uji coba mendarat, tapi setelah lapor ke Bappeda dilarang. Kalau mau lewat, risiko besar, beberapa kapal nelayan pernah pecah saat mau mendarat,” ujarnya, Senin (18/12/2017).

Asisten Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Mineral Sekretariat Daerah Kulonprogo, Triyono mengatakan, Pemkab Kulonprogo sangat berharap Pelabunan Perikanan Tanjung Adikarto segera selesai dibangun dan beroperasi. Sehingga, manfaat adanya Pelabunan Perikanan Tanjung Adikarto dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif