Pesawat milik Jerman yang terlibat dalam pertempuran di Teluk Heligoland, Laut Utara, Jerman, 1939. (Wikimedia.org) Pesawat milik Jerman yang terlibat dalam pertempuran di Teluk Heligoland, Laut Utara, Jerman, 1939. (Wikimedia.org)
Senin, 18 Desember 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 18 Desember

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 18 Desember.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 18 Desember. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 18 Desember.

218 SM
Pasukan Carthage pimpinan Hannibal berhasil mengalahkan pasukan Republik Romawi yang dipimpin Tiberius Sempronius Longus di dekat Sungai Trebbia. Dalam pertempuran itu, pasukan Romawi mengalami kerugian besar dengan kehilangan sekitar 26.000 hingga 28.000 tentaranya, sedangkan pasukan Carthage hanyak kehilangan 4.000 sampai 5.000 prajuritnya.

1622
Pasukan Portugal-Angola mengalahkan pasukan Keajaan Kongo dalam pertempuran di Bumbi, Angola. Kemenangan itu membuat Kerajaan Kongo kehilangan kekuasaannya di Bumbi yang direbut Portugal-Angola.

1771
Pasukan Kerajaan Blambangan dikalahkan pasukan Belanda dalam Pertempuran Puputan Bayu di kawasan Blambangan atau kini Banyuwangi. Kekalahan dari Belanda itu merupakan tanda runtuhnya Kerajaan Blambangan. Hari kalahnya Kerajaan Blambangan itu kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Banyuwangi.

1916
Pertempuran terdahsyat sepanjang Perang Dunia I, Pertempuran Verdun antara Prancis dan Jerman di Verdun-sur-Meuse, Prancis berakhir. Pertempuran itu dimenangi Prancis setelah bertarung melawan Jerman selama sembilan bulan.

1939
Pertempuran udara antara pasukan Jerman dan Inggris meletus di Teluk Heligoland, Laut Utara, Jerman. Pertempuran udara besar pertama semasa Perang Dunia II berhasil dimenangi kubu Jerman.

1944
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerbu markas pasukan Jepang di Hankow Tiongkok melalui serangan udara. Sebanyak 77 pesawat pengebom B-29 Superfortress dan lebih dari 200 pesawat tempur lain milik AS diikutsertakan dalam serangan tersebut.

Brad Pitt. (Foxnews.com)

Brad Pitt. (Foxnews.com)

1963
William Bradley Pitt lahir di Shawnee, Oklahoma, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai aktor ternama yang pernah membintangi sejumlah judul film layar lebar dan lebih kondang dikenal dengan nama Brad Pitt. Brad Pitt juga dikenal pernah menikahi aktris cantik, Angelina Jolie.

Pesawat tempur milik Rusia, Tu-160. (Wikimedia.org)

Pesawat tempur milik Rusia, Tu-160. (Wikimedia.org)

1981
Pesawat tempur milik Rusia, Tu-160, untuk kali pertama diterbangkan. Pesawat Tu-160 merupakan pesawat tempur terbesar sekaligus pesawat supersonik terbesar di dunia.

2005
Perang Saudara Chad pecah setelah kelompok pemberontak melakukan serangan Kota Adre. Perang itu berlangsung selama lebih dari empat tahun dan berakhir dengan kemenangan pasukan Chad.

2006
Banjir besar mendera kawasan Johor, Malaya, Pahang, dan Negeri Sembilan di Malaysia. Banjir itu adalah yang pertama dan berlanjut ke serangkaian banjir lain hingga 2007. Tercatat banjir di Malaysia dari 2006 hingga 2007 menelan korban 118 jiwa, dan lebih dari 400.000 orang mengungsi. Kerugian akibat bencana itu diperkirakan mencapai US$395 juta. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos            .com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Desember
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Desember

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…