Jogja
Senin, 18 Desember 2017 - 21:55 WIB

Alokasi Anggaran Kecil, Linmas Diajak Kembangkan Usaha Melalui Koperasi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - FOTO SATLINMAS : PATROLI KEAMANAN

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kulonprogo merangkul Linmas untuk menjalankan koperasi serba usaha (KSU)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kulonprogo merangkul Linmas untuk menjalankan koperasi serba usaha (KSU).

Advertisement

Inovasi tersebut diharapkan meningkatkan kesejahteraan para anggota Linmas yang selama ini berperan penting dalam upaya penegakan peraturan daerah, khususnya di tingkat desa.

Plt Kepala Satpol PP Kulonprogo, Duana Heru Supriyanto mengatakan, koperasi yang dikelola bersama linmas menempati salah satu kios di wilayah Desa Sendangsari, Pengasih. Anggotanya merupakan seluruh anggota Linmas dan Satpol PP Kulonprogo.

“Anggaran dari desa untuk Linmas itu sedikit, hanya Rp10 juta. Jadi harapannya koperasi ini dibentuk untuk agar mereka bisa mengembangkan usaha bersama,” ujar Duana, Senin (18/12/2017).

Advertisement

Duana mengungkapkan, banyak anggota Linmas yang sebelumnya telah memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu juga yang mendorong Satpol PP Kulonprogo untuk memperkuat jaringan pemasaran produk mereka melalui koperasi. Selain produk lokal, koperasi juga menjual aneka aksesoris seragam Limas dan Satpol PP.

Duana menambahkan, Koperasi Linmas juga diproyeksikan dapat mengakuisisi toko modern berjejaring seperti belasan KSU lain. “Keuntungannya jelas untuk anggota sehingga diharapkan bisa lebih menyejahterakan Linmas,” kata Duana.

Sebelumnya, Asisten II Setda Kulonprogo, Triyono berharap koperasi tidak lagi hanya menjalankan kegiatan simpan-pinjam tetapi juga bergerak di sektor riil. Koperasi diharapkan bisa mendukung usaha mandiri yang dirintis dan dikembangkan masyarakat lokal, terutama dalam menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Advertisement

“Koperasi yang bergerak di sektor riil akan banyak menyerap tenaga kerja sehingga mampu ikut menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar,” ucap Triyono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif