Bendera merah dipasang di titik rawan di aliran sungai Pantai Baron, Minggu (17/12/2017). (IST/Dok Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul) Bendera merah dipasang di titik rawan di aliran sungai Pantai Baron, Minggu (17/12/2017). (IST/Dok Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul)
Minggu, 17 Desember 2017 13:30 WIB Gunung Kidul Share :

Kedalaman Capai 6 Meter, Sungai Baron Dipasangi Penanda Titik Bahaya

Kedalaman mencapai tiga hingga enam meter

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Pascabanjir sungai di Pantai Baron bertambah dalam lantaran lapisan pasir tergerus luapan air beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, beberapa penanda dipasang di aliran sungai agar wisatawan menjauh dari titik tersebut.

Wakil Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Sukamto menjelaskan, kedalaman sungai bervariasi setiap titiknya. “Sungai menjadi lebih dalam karena [dasar sungai] tergerus banjir. Kedalaman mencapai tiga hingga enam meter,” papar dia melalui pesan WhatsApp, Minggu (17/12/2017).

Ia menjelaskan, ada tiga penanda titik rawan yang dipasang. Penanda itu terdiri dari dua bendera merah dan satu ring donat. Adapun jarak antar penanda sejauh 15 meter. Sebelumnya, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul juga memasang rambu-rambu tanda bahaya di Watu Cangak di aliran Sungai Baron. Hal itu dilakukan agar wisatawan mengetahui adanya titik rawan dan menjauhinya.

Sementara itu, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Marjono mengimbau pengunjung tidak berenang mendekat titik dengan bendera merah (titik rawan). “Jangan mendekat terutama tanpa alat keamanan seperti baju plampung,” papar dia.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…