Jogja
Minggu, 17 Desember 2017 - 13:30 WIB

Kedalaman Capai 6 Meter, Sungai Baron Dipasangi Penanda Titik Bahaya

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera merah dipasang di titik rawan di aliran sungai Pantai Baron, Minggu (17/12/2017). (IST/Dok Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul)

Kedalaman mencapai tiga hingga enam meter

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pascabanjir sungai di Pantai Baron bertambah dalam lantaran lapisan pasir tergerus luapan air beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, beberapa penanda dipasang di aliran sungai agar wisatawan menjauh dari titik tersebut.

Advertisement

Wakil Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Sukamto menjelaskan, kedalaman sungai bervariasi setiap titiknya. “Sungai menjadi lebih dalam karena [dasar sungai] tergerus banjir. Kedalaman mencapai tiga hingga enam meter,” papar dia melalui pesan WhatsApp, Minggu (17/12/2017).

Ia menjelaskan, ada tiga penanda titik rawan yang dipasang. Penanda itu terdiri dari dua bendera merah dan satu ring donat. Adapun jarak antar penanda sejauh 15 meter. Sebelumnya, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul juga memasang rambu-rambu tanda bahaya di Watu Cangak di aliran Sungai Baron. Hal itu dilakukan agar wisatawan mengetahui adanya titik rawan dan menjauhinya.

Sementara itu, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Marjono mengimbau pengunjung tidak berenang mendekat titik dengan bendera merah (titik rawan). “Jangan mendekat terutama tanpa alat keamanan seperti baju plampung,” papar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif