Dana APBD harus diawasi (foto: jaring.id). Dana APBD harus diawasi (foto: jaring.id).
Minggu, 17 Desember 2017 05:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com

Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018. Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta  pada 2018  menganggarkan Rp77 triliun lebih.

Pengesahan ini tentunya diharapkan menjadi penutup ingar bingar sorotan media. Televisi, radio, surat kabar, hingga media dalam jaringan (daring) sebelumnya ramai memberitakan RAPBD Provinsi DKI Jakarta era Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno yang menimbulkan tanda tanya.

Yang dipertanyakan antara lain pemberian dana hibah oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta senilai Rp40,2 miliar untuk Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi). Media mengungkap yayasan penerima dana hibah tersebut tidak punya kantor dengan  alamat yang jelas dan ternyata hanya menumpang di kantor lain.

Gencarnya sorotan media membuat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi DKI Jakarta mengurangi alokasi anggaran sejumlah program bahkan menghapus sejumlah program. Anggaran renovasi kolam ikan senilai Rp620 juta dihapus. Begitu juga anggaran kunjungan kerja yang semula Rp107,7 miliar menjadi Rp64,7 miliar atau berkurang Rp43 miliar.

Selanjutnya adalah: Mengindikasikan media (pers) penting dalam pemerintahan

lowongan pekerjaan
BPR BINSANI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mencari Alamat Bahasa Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (06/01/2018). Esai ini karya Na’imatur Rofiqoh, ”pemukul” huruf dan juru gambar yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah naimaturr@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Bahasa Indonesia tidak lagi beralamat di Indonesia. Indonesia malah jadi tempat…