Jateng
Sabtu, 16 Desember 2017 - 16:50 WIB

TRANSAKSI NONTUNAI : Asyik, Beli Bensin di SPBU Bisa Pakai Tcash

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beli bensin bisa dengan Tcash. (Whisnu Paksa/JIBI/Semarangpos.com)

Transaksi non-tunai diberlakukan Pertamina melalui pembelian bensin di SPBU di Kota Semarang dengan menggunakan Tcash.

Semarangpos.com, SEMARANG –Pertamina membuat terobosan baru di bidang pelayanan pembelian bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi. Bekerja sama dengan Telkomsel, perusahaan pelat merah yang bertugas mengelola minyak dan gas bumi itu memberlakukan sistem transaksi nontunai kepada para pelanggan yang ingin membeli BBM nonsubsidi dengan menggunakan Tcash.

Advertisement

Sistem pembayaran BBM nonsubsidi dengan menggunakan Tcash itu untuk kali pertama diberlakukan di SPBU Karangayu, Kota Semarang, Rabu (13/12/2017).

General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT), Yanuar Budi Hartanto, menyebutkan sistem pembayaran menggunakan Tcash ini merupakan upaya Pertamina dalam menyukseskan program Gerakan Nontunai yang saat ini digencarkan pemerintah.

“Sebelum ini [menggunakan Tcash], kami juga telah memberlakukan sistem cashless [transaksi nontunai] untuk pembelian BBM di dua SPBU di Semarang, yakni Karangayu dan Jl. Pemuda. Semoga dengan ini, pelanggan yang memanfaatkan sistem cashless semakin banyak,” ujar Yanuar kepada wartawan seusai meresmikan penggunaan Tcash di SPBU Karangayu, Kota Semarang, Selasa.

Advertisement

Beli bensin bisa dengan Tcash. (Whisnu Paksa/Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com)

Yanuar menyebutkan transaksi nontunai untuk pembelian BBM di Kota Semarang saat ini telah mencapai 23% dari total transaksi yang ada. Jumlah ini terbilang tinggi dibanding transaksi nontunai dalam pembelian BBM se-Indonesia yang baru mencapai 3%.

“Oleh karenanya, untuk kali pertama kami berlakukan sistem transaksi nontunai dengan Tcash ini di Kota Semarang dan SPBU ini [Karangayu] yang dipilih sebagai percontohan. Harapan kami ke depan, seluruh SPBU yang ada di Jateng dan DIY [830 SPBU] bisa diberlakukan sistem ini,” beber Yanuar.

Advertisement

Vice Presiden Coorporate Account Telkomsel, Pirmadi K. Saputra, berharap dengan menggunakan Tcash untuk membeli bensin masyarakat akan mendapat banyak kemudahan. Masyarakat tidak perlu antre untuk membeli BBM dan juga meminimalisasi peredaran uang palsu.

“Saat ini sudah ada sekitar 10 juta pelanggan Telkomsel yang menggunakan Tcash dan 60% di antaranya terbilang aktif. Harapan kami dengan adanya layanan ini, semakin banyak yang menggunakan Tcash karena selain menghemat waktu transaksi, juga meminimalisasi peredaran uang palsu,” tutur Pirmadi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif