Jogja
Sabtu, 16 Desember 2017 - 09:20 WIB

PEMILU 2019 : Pemuda-Pemudi Bakal Dihadapkan pada Banyak Pilihan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Para pemilih pemula diharapkan tidak melewatkan kesempatan itu untuk menggunakan hak pilihnya secara bijak

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pesta demokrasi akan kembali dilaksanakan serentak di Indonesia pada tahun 2019. Para pemilih pemula diharapkan tidak melewatkan kesempatan itu untuk menggunakan hak pilihnya secara bijak.

Advertisement

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kulonprogo, Tri Wahyudi mengatakan Pemkab Kulonprogo terus berupaya meningkatkan kesadaran politik dan kualitas demokrasi di kalangan masyarakat. “Kami bekerja sama dengan KPU dan Panwaslu Kulonprogo,” ujar dia, Jumat (15/12/2017).

Tri mengungkapkan, salah satu hal yang menjadi perhatian pemerintah adalah partisipasi pemilih pemula dalam setiap pemilu, termasuk yang akan digelar pada 2019 mendatang. Berbeda dengan Pilkada 2017 kemarin, masyarakat bakal dihadapkan pada lebih banyak pilihan.

Masyarakat mesti memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten, kota, dan provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta presiden dan wakil presiden.

Advertisement

Meski masih lebih dari setahun lagi, Tri berpendapat pendidikan politik bagi calon pemilih pemula tidak ada salahnya mulai digalakkan. Dia lalu mengatakan instansinya baru saja menyelenggarakan sosialisasi kepada 120 siswa SMA/SMK di Kulonprogo.

Acara itu berlangsung selama tiga hari di Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo sejak Selasa (12/12/2017) kemarin. Narasumbernya bukan hanya dari Kantor Kesbangpol, melainkan juga KPU dan Panwaslu Kulonprogo.

Tri berharap para pemilih pemula menggunakan hak pilihnya secara bijaksana, bukan karena politik uang atau menjadi golput. “Pemilih pemula yang belum pernah melakukan proses pemilu ini diharapkan bisa memakai hak pilihnya dengan baik untuk memilih wakil rakyat yang akan menentukan arah pembangunan bangsa selama lima tahun ke depan,” kata Tri.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif