News
Sabtu, 16 Desember 2017 - 02:00 WIB

Libur Akhir Tahun, Penumpang Pesawat Naik 25%

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat Citilink (JIBI/Dok)

Penumpang pesawat selama libur akhir tahun diperkirakan melonjak.

Solopos.com, SOLO — Jumlah penumpang pesawat terbang saat libur Natal dan Tahun Baru diprediksi naik 20%-25%. Tercatat Citilink menambah tiga jadwal penerbangan ke Jakarta dan Sriwijaya mulai mengoperasikan rute baru ke Makassar.

Advertisement

Sales Representatif Citilink Solo, Cahyo Katon, menyampaikan akan ada tiga jadwal tambahan yang dioperasikan pada 21 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018. Jadwal tambahan tersebut dioperasikan setiap hari pukul 08.55 WIB, 12.45 WIB, dan 17.45 WIB dengan menggunakan Airbus A320 yang berkapasitas 180 kursi.

Jadwal tambahan tersebut melengkapi empat jadwal yang dioperasikan selama ini, yakni pukul 08.45 WIB, 11.45 WIB, 15.40 WIB, dan 17.45 WIB. Oleh karena itu, dalam sehari Citilink akan mengoperasikan tujuh jadwal rute Solo-Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.

Advertisement

Jadwal tambahan tersebut melengkapi empat jadwal yang dioperasikan selama ini, yakni pukul 08.45 WIB, 11.45 WIB, 15.40 WIB, dan 17.45 WIB. Oleh karena itu, dalam sehari Citilink akan mengoperasikan tujuh jadwal rute Solo-Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.

“Tiket sudah kami jual sejak beberapa hari lalu. Tanggapan masyarakat pun cukup positif. Mulai ramai pada 23 Desember dengan rata-rata load factor 75% ke atas. Sedangkan untuk yang tambahan belum setinggi jadwal reguler karena kemungkinan belum banyak masyarakat yang tahu,” ungkap Katon kepada Solopos.com, Jumat (15/12/2017).

Dia mengatakan langsung menambah tiga jadwal sekaligus dari Solo karena permintaan Solo ke Jakarta maupun arah sebaliknya cukup bagus dan terus bertambah. Hal ini karena harga tiket pesawat makin terjangkau, menawarkan ketepatan waktu dan cepat.

Advertisement

Citilink yang mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma juga menjadi daya tarik tersendiri karena lokasinya yang berada di dekat area bisnis ibu kota. Apalagi libur akhir tahun ini bersamaan dengan libur anak sekolah. Oleh karena itu, dia mengaku optimistis jumlah penumpang bisa mencapai 85%.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, menyampaikan hingga saat ini baru Citilink yang mengajukan jadwal tambahan. Menurut dia, Sriwijaya Air tidak mengajukan jadwal tambahan ke Jakarta tapi mengajukan pembukaan rute baru yang akan dioperasikan pada Rabu (20/12).

“Rute baru yang dioperasikan Sriwijaya Air ini cukup bagus karena dari Makassar pukul 17.00 WIB setelah orang pulang kerja dan menuju Makassar pukul 21.00 WIB,” ujarnya.

Advertisement

Airport Operation and Services Department Manager PT AP I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto, mengungkapkan posko Natal dan Tahun Baru akan siaga pada 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

Dia mengatakan telah siap menyambut penumpang selama libur akhir tahun. Koordinasi dengan sejumlah pihak, diantaranya maskapai, ground handling, Airnav, TNI AU, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), bea cukai, dan bagian imigrasi telah dilakukan.

Meski ada jadwal tambahan dan rute baru yang dioperasikan, jam operasional bandara masih tetap sama, yakni pada pukul 06.00 WIB-24.00 WIB.

Advertisement

“Jumlah penumpang diprediksi naik sekitar 20%-25%. Total kursi yang tersedia dalam sehari sebanyak 4.800 kursi ditambah jadwal tambahan dan rute baru sebanyak 720 kursi menjadi 5.520 kursi. Rata-rata penumpang normal sekitar 4.200 orang, prediksi penumpang bisa naik 20% atau maksimal 25%,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif